Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bikin Macet Di Jakarta Makin Parah

Please, Jualan Takjil Jangan Di Bahu Jalan

Kamis, 23 Maret 2023 07:30 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKIJakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Antara).
Penjabat (Pj) Gubernur DKIJakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat diimbau tidak menjual takjil atau makanan ringan untuk berbuka puasa di bahu jalan.Terutama, di jalan dengan arus lalu lintas padat. Sebab, hal tersebut bisa menyebabkan kemacetan.

Misalnya, di Pasar Bendungan Hilir (Benhil) Jakarta Pusat (Jakpus). Lokasi pasar ini sangat strategis karena dekat dengan Jalan Sudirman dan Thamrin.

Sejak lama, pedagang takjil ramai di Pasar Benhil. Namun, karena banyak pedagang dadakan, mereka berjualan di bahu jalan. Akibatnya, jalan menjadi sangat macet.

Baca juga : PMN Sulsel Gelar Dialog Interaktif Dengan Pemuda Bone

Puncak kemacetan biasanya terjadi pada pukul 17.30 WIB atau setegah jam menjelang berbuka puasa. Penyebab utama kemacetan yakni para pengen­dara memarkirkan kendaraan di pinggir jalan sehingga jalan semakin sempit.

Kendaraan dari arah Sudirman yang ingin melintasi Jalan Bendungan Hilir, kesulitan lantaran banyak pengunjung yang berlalu lalang di depan pasar.

Selepas melewati Pasar Ben­hil, jalanan sedikit lengang. Na­mun di kawasan di depan Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintohardjo, lalu lintas padat lagi. Karena, volume kendaraan menuju arah Pejompongan dan Tanah Abang, cukup tinggi. Be­gitu pun sebaliknya, kendaraan dari arah Pasar Tanah Abang menuju ke arah Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, juga macet.

Baca juga : Pulihkan Ekonomi Korban Kebakaran Plumpang, Relawan Sandi Uno Beri Bantuan

Selain Pasar Benhil, pedagang takjil ramai di sekitaran Masjid Sunda Kelapa, Menteng dan Masjid Cut Meutia, Jakpus. Di dua lokasi ini, lalu lintas padat merayap karena para pedagang jualan di bahu jalan.

Masih di Jakpus, wilayah Kramat Raya juga menjadi pusat kuliner khas puasa. Pada pedagang biasanya menjajakan jajanan di dekat gedung Biskop Senen.

Di Jakarta Barat (Jakbar) pedagang takjil berpusat di Jalan Panjang, Kebon Jeruk. Untuk diketahui, pedagang tajil biasanya menjual kolak biji salak, bubur sumsum, es pisang ijo, gorengan dan jajan pasar.

Baca juga : Syarief Hasan Harap Jakarta LavAni Raih Kemenangan Di Grand Final

Setiap bulan Ramadan, kegiatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terutama, sektor makanan dan minuman, kebanjiran rezeki. Namun begitu, dampaknya memicu kemacetan.

Penjabat (Pj) Gubernur DKIJakarta Heru Budi Hartono mewanti-wanti Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) DKIJakarta agar mengawasi aktivitas para peda­gang takjil.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.