Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Dampingi Presiden Tinjau Pasar

Pj. Gubernur Heru Pastikan Stok Pangan Aman Menjelang Lebaran

Rabu, 5 April 2023 13:58 WIB
Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mendampingi Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan meninjau stok pangan menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah di Pasar Rawamangun, Jakarta Timur, dan di Pasar Johar Baru, Jakarta Pusat, pada Rabu (5/4). (Foto: Ist)
Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mendampingi Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan meninjau stok pangan menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah di Pasar Rawamangun, Jakarta Timur, dan di Pasar Johar Baru, Jakarta Pusat, pada Rabu (5/4). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mendampingi Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan meninjau stok pangan menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah di Pasar Rawamangun, Jakarta Timur, dan di Pasar Johar Baru, Jakarta Pusat, pada Rabu (5/4).

Pj. Gubernur Heru mengatakan, Pemprov DKI Jakarta terus menjaga koordinasi dan bersinergi dengan Pemerintah Pusat, agar ketersediaan bahan pokok dengan harga yang stabil bisa diperoleh dengan mudah oleh masyarakat Jakarta, terutama menjelang Lebaran di kedua pasar tersebut. Kerja sama dalam sektor pangan ini juga tidak lepas dari peran Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya yang turut memonitor harga pangan serta distribusi pasokan sehingga dapat berjalan dengan baik.

Baca juga : Pj Gubernur Banten Diwarning Jangan Bongkar Pejabat

"Menurut pantauan kami, harga-harga bahan pokok di pasar rakyat masih stabil dan pasokannya cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sesuai arahan Presiden, kami akan terus mengawasi agar tidak terjadi penimbunan stok dan harga-harga tetap stabil hingga Idulfitri nanti. Operasi Pasar Murah juga akan terus diadakan," ujar Pj. Gubernur Heru.

Hal senada juga dijelaskan oleh Presiden Joko Widodo bahwa setiap menjelang Lebaran, dinamika harga dan ketersediaan bahan pokok selalu menjadi perhatian berbagai pihak, baik dari pelaku ekonomi hingga regulator. Presiden Joko Widodo bersyukur harga pangan yang dibutuhkan warga cenderung menurun, karena beberapa hari sebelumnya sempat terjadi deflasi.

Baca juga : SKK Migas Pastikan Lifting Minyak di Kilang Dumai Aman dan Lancar

"Ini mendekati Lebaran. Saya dan Menteri Perdagangan bersama Pj. Gubernur DKI Jakarta ingin mengecek kondisi pangan di pasar. Pertama, stoknya. Kemudian, yang kedua, harganya. Kita lihat tadi urusan pasokan tidak ada masalah, harga juga justru banyak yang turun," ujar Presiden Joko Widodo.

"Harga telur ayam turun, daging ayam turun, beras juga turun, bawang juga turun, yang naik daging sapi dan itu naiknya sedikit. Saya kira ini kondisi baik sesuai dengan pantauan Badan Pusat Statistik yang kemarin memang terjadi deflasi. Ini bagus dalam posisi mau Lebaran tapi berbagai harga bahan pokok turun," ia menambahkan.

Baca juga : Ingin Pemudik Nyaman, Ganjar Pranowo Pantau Kesiapan Fisik Infrastruktur Jalan Jelang Lebaran

Perlu diketahui, peninjauan pasar tersebut juga diselingi dengan kegiatan menyapa dan berbincang dengan warga. Presiden Jokowi juga membagikan bantuan kepada para pedagang di kedua pasar tersebut. 

Turut mendampingi Pj. Gubernur Heru saat mengunjungi kedua pasar tersebut, Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar dan jajarannya, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma serta jajarannya, dan Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Tri Prasetyo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.