Dark/Light Mode

Ingin Pemudik Nyaman, Ganjar Pranowo Pantau Kesiapan Fisik Infrastruktur Jalan Jelang Lebaran

Minggu, 2 April 2023 21:32 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat memimpin Rakor Forkopimda Jawa Tengah untuk menjaga kondusivitas wilayah menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444H, di Grhadhika Bhakti Praja. (Foto: Humas Pemprov Jateng)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat memimpin Rakor Forkopimda Jawa Tengah untuk menjaga kondusivitas wilayah menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444H, di Grhadhika Bhakti Praja. (Foto: Humas Pemprov Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hingga minggu kedua Ramadhan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus memantau perkembangan sejumlah infrastruktur jalan di Jawa Tengah. Khususnya, di wilayah Pantura dan Pansela, yang pasti akan dilewati para pemudik.

Hal itu disampaikan Ganjar seusai memimpin Rakor Forkopimda Jawa Tengah untuk menjaga kondusivitas wilayah menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444H, di Grhadhika Bhakti Praja, Jumat (1/4). 

"Pantura sekarang kami cek fisiknya, maka ini kami minta untuk dikebut semuanya yang membangun fisiknya," tegas Ganjar, dikutip Minggu (2/4).

Baca juga : Sahabat Ganjar Gelar 2 Kegiatan Inovatif Dan Kreatif Di Jatim

Selain itu, Ganjar juga merespon masukan dari Kapolda Jawa Tengah terkait kurangnya penerangan di jalur selatan. Pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pusat, sambil berupaya mencari terobosan yang bersifat sementara.

"Kami koordinasi juga dengan pusat, karena beberapa jalan milik nasional, umpama selatan itu penerangannya ternyata masih kurang. Padahal kemungkinan itu akan dilewati banyak. Nah, kami akan carikan yang sifatnya penerangan sementara," tutur politisi PDI Perjuangan ini.

Infrastruktur lain yang dicermati Ganjar adalah rest area. Untuk memastikan kesiapan para pengelola dalam menghadapi pemudik, pekan depan ia akan menggelar rapat dengan para pemilik rest area di wilayah Jateng.

Baca juga : Promosikan Ganjar Pranowo, Sahabat Ganjar Gelar Sosialisasi Waktu Dan Bersihkan Tempat Ibadah Di Sumsel

"Masukan bagus dari Pak Kapolda agar pemilik rest area diajak rapat. Insya Allah Selasa depan kami akan ajak rapat, sehingga manajemen di rest area-nya akan bisa berjalan dengan baik," tegasnya.

Pemprov Jateng juga akan berkoordinasi dengan Pertamina dan PLN untuk memastikan stok BBM dan ketersediaan listrik aman. Selain itu, PLN juga dimintanya memastikan SPKLU siap digunakan.

"BBM kita minta untuk pasti ada, Pertamina udah nyiapin. PLN termasuk SPKLU-nya kami minta untuk menyiapkan, karena bukan tidak mungkin mobil listrik juga dipakai (mudik)," terang Ganjar.

Baca juga : Temui Ganjar Pranowo, Putra Khofifah Berguru Soal Kebangsaan

Selain itu, dia optimis, Jembatan Juwana bisa digunakan saat masa mudik Lebaran 2023. Laporan terakhir yang diterima, progresnya saat ini dalam tahap pengaspalan.

"Pati (Juwana) sekarang mulai diaspal, jadi kepada saya, ya janjinya April, ternyata April. Saya dulu minta di Maret, tapi ternyata bisanya April, ya sudah yang penting diselesaikan," pinta Gubernur berambut putih tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.