Dark/Light Mode

Pertama di Banten, BPN Kabupaten Tangerang Luncurkan 1.407 Sertipikat PTSL 2023

Senin, 10 April 2023 17:34 WIB
Peluncuran 1.407 sertipikat tanah dalam program PTSL BPN Kabupaten Tangerang, Senin (10/4). (Foto: BPN Kabupaten Tangerang)
Peluncuran 1.407 sertipikat tanah dalam program PTSL BPN Kabupaten Tangerang, Senin (10/4). (Foto: BPN Kabupaten Tangerang)

RM.id  Rakyat Merdeka - Aksi cepat BPN Kabupaten Tangerang di bawah komando Joko Susanto dalam memastikan program strategis melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) berjalan dengan cepat, efektif, dan efisien. Hal ini terbukti, BPN Kabupten Tangerang menjadi pioneer dalam progres penuntasan target PTSL. Dari target 7.684 bidang pada 2023, pada Senin (10/4) telah diserahkan sebanyak 1.407 sertipikat tanah kepada warga.

Kepala Kantor BPN Kabupaten Tangerang Joko Susanto memastikan, setiap hari akan selalu ada kemajuan tahapan yang nantinya secara bertahap dapat mempercepatnya penyelesaian pekerjaan, baik dalam penyelesiaan PTSL maupun penyelesaian tugas rutin.

Baca juga : Orang Muda Ganjar Jabar Bikin Gerakan 100 Biopori

“Kendati tak dipungkiri bahwa kendala di lapangan masih terjadi, khususnya terkait pengukuran yang melibatkan pihak ketiga berupa pemotretan drone dan masih berjalannya proses pengumpulan dokumen di desa. Namun, terus digali strategi untuk maksimalkan kinerja yang membuahkan hasil seperti saat ini dapat dilihat di Desa Cengklong, Telagasari, Gelamjaya, Tanjakan Mekar, Sukawali,” terang Joko, Senin (10/4).

Salah seorang perwakilan masyarakat, H Anda, warga Desa Cangkolong, Kecamatan Kosambi, meyampaikan ucapan terima kasih kepada BPN atas penyerahan sertipikat ini.

Baca juga : Gandeng ITDC Xplorin, KPw BI NTB Genjot Gerakan 100 Persen Non-tunai Di Event WSBK 2023

"Alhamdulillah, pembuatan sertipikat melalui PTSL di BPN sekarang tidak rumit. Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada Ketua Tim PTSL beserta jajaran, para mitra desa dan seluruh stakeholder terkait yang selalu mendukung penuh atas terselenggaranya program ini,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Banten Rudi Rubijaya mengapresiasi langkah cepat BPN Kabupaten Tangerang yang sudah berhasil menyelesaikan ribuan bidang buku sertipikat dalam program PTSL dan langsung membagikannya kepada warga. “Tentu saya merasa bangga atas capaian teman-teman dari BPN Kabupaten Tangerang yang tidak mengenal lelah dalam menyelesaikan target PTSL di bulan suci Ramadan ini,” ujar Rudi.

Baca juga : Pariwisata & Ekonomi Meningkat, Kemenparekraf Targetkan 7.4 Juta Wisman Di 2023

Rudi berharap, yang sudah berhasil dicapai BPN Kabupaten Tangerang ini dapat menjadi contoh dan motivasi buat Kantor Pertanahan lainnya di Banten. "Ini patut menjadi contoh dan motivasi buat temen-teman di Kantor Pertanahan lainnya di Banten,” imbuhnya.

Ia juga meminta kepada masyarakat penerima agar menjaga sertipikat tanahnya dan jangan sampai jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab. “Saya berharap kepada penerima sertipikat, bahwa sertipikat itu memiliki kekuatan hukum bila terjadi sengketa dan juga dapat dipergunakan untuk modal usaha apabila dijadikan jaminan ke pihak bank. Jadi, dijaga baik-baik sertipikat tersebut,” imbau Rudi.â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.