Dark/Light Mode

Pj. Gubernur Heru Tegaskan ASN Untuk Beradaptasi Hadapi Transisi Ibu Kota

Rabu, 17 Mei 2023 20:24 WIB
Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menghadiri talkshow dengan tema Transisi Jakarta Menjadi Kota Bisnis Berskala Global di Jakarta International Equestrian Park, Pulomas, Jakarta Timur, pada Rabu (17/5). (Foto: Ist)
Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menghadiri talkshow dengan tema Transisi Jakarta Menjadi Kota Bisnis Berskala Global di Jakarta International Equestrian Park, Pulomas, Jakarta Timur, pada Rabu (17/5). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menghadiri talkshow dengan tema 'Transisi Jakarta Menjadi Kota Bisnis Berskala Global' di Jakarta International Equestrian Park, Pulomas, Jakarta Timur, pada Rabu (17/5). Talkshow yang diselenggarakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) DKI Jakarta ini menghadirkan narasumber berkompeten Prof. Rhenald Kasali, Ph.D. untuk memberikan pemahaman komprehensif untuk membangun pola pikir baru terkait perubahan Kota Jakarta dari Ibu Kota Negara menjadi Kota Bisnis Berskala Global.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Heru menyampaikan, perubahan yang akan terjadi di kota Jakarta harus dibarengi dengan persiapan matang untuk beralih peran menjadi Kota Bisnis Berskala Global.

"Jakarta akan dihadapkan pada posisi peralihan Ibu Kota Nusantara (IKN). Itu tidak mudah, kita harus memposisikan diri. Dan perubahan ini sedang berlangsung, sedang digodok undang-undangnya, dan itu kewenangan Kemendagri dan DPR," ujarnya. 

Baca juga : Menteri Hadi Deklarasikan Solo Kota Lengkap

Selain itu, Pj. Gubernur Heru turut menegaskan, pentingnya merumuskan perubahan kebijakan berkaitan dengan perubahan Kota Jakarta yang pastinya akan berdampak pada berbagai sektor. “Ke depan saya berharap para pengambil keputusan seperti Sekda, Kepala Bappeda, Kepala Biro Perekonomian dan Keuangan, Dirut BUMD harus mempersiapkan, salah satunya dengan menyimak diskusi siang ini, dan para ASN juga saya berharap selalu sediakan waktu untuk menimba ilmu,” terang Pj. Gubernur Heru.

Pj. Gubernur Heru turut berpesan untuk memperbanyak pertemuan seperti ini untuk membahas kebijakan lain. "Saya berharap Kepala BPSDM berkumpul kembali untuk membicarakan masalah lain. Antara lain tentang bagaimana menyampaikan kebijakan-kebijakan, seperti perda, pergub, untuk disampaikan kepada publik, bagaimana komunikasi publiknya," katanya.

Sementara Asisten Pemerintahan Sekda Provinsi DKI Jakarta Sigit Wijatmoko dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan gambaran dan arah tujuan mengenai kesiapan Kota Jakarta untuk beralih peran menjadi Kota Bisnis Berskala Global.

Baca juga : Pj. Gubernur Heru Ajak Umat Buddha Turut Menjaga Kedamaian Antarumat Beragama Di Jakarta

“Kemudian juga diharapkan acara ini dapat memberikan kompetensi dalam upaya membuka jejaring investasi dan tetap memberikan kontribusi bagi daerah penunjang Jakarta meski tidak lagi menjadi Ibu Kota Negara,” terang Sigit.

Guru besar bidang Ilmu Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Prof. Rhenald Kasali, Ph.D. yang menjadi narasumber dalam talkshow tersebut membahas tentang banyaknya tantangan yang dihadapi Jakarta, terutama saat transisi perpindahan Ibu Kota. Namun tantangan tersebut seharusnya bisa digunakan sebagai kesempatan untuk semakin berkembang. Rhenald juga mengajak para peserta untuk mengambil pelajaran dari negara-negara yang Ibu Kotanya pindah, seperti Myanmar, Malaysia, dan Brazil. 

Selain itu, Rhenald juga mengajak kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk terus mengupgrade diri menghadapi perubahan zaman.

Baca juga : Pj. Gubernur Minta Izin Operasi Truk Buang Tinja Sembarangan Dicabut

“Saudara-saudara dituntut untuk meremajakan kembali perusahaan. Karena perusahaan saat ini banyak yang terperangkap di masa lalu, SDM pola pikir masa lalu, resisten dengan perubahan, kapabilitasnya tidak sesuai dengan tuntutan zaman, strateginya masih ngikutin yang kemarin. Jadi banyak strategi dan perencanaan yang harus kita bongkar kembali, disesuaikan dengan zamannya. Apalagi ini dunia digital, bagaimana _smart city_ bisa membangun ekosistem,” jelasnya.

Acara talkshow tersebut dihadiri Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 1 DKI Jakarta dan Banten, para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di Lingkungan Pemprov DKI Jakarta, serta para Direktur Utama dan Direktur Pengembangan Bisnis BUMD Pemprov DKI Jakarta.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.