Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gus Halim: Kunci Sukses ASN Harus Berakhlak, Adaptif Pada Perubahan Dan Loyal

Sabtu, 29 April 2023 16:53 WIB
Gus Halim: Kunci Sukses ASN Harus Berakhlak, Adaptif Pada Perubahan Dan Loyal

RM.id  Rakyat Merdeka - Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kemendes PDTT harus berakhlak, adaptif terhadap perubahan lingkungan dan loyal. Dengan demikian para ASN mampu menggerakkan roda birokrasi dengan lebih lancar, cepat dan akuntabel.

"Seluruh pengetahuan, sikap dan perilaku ASN dinilai publik sebagai representasi pemerintah Republik Indonesia," kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar (Gus Halim), di Jakarta, Sabtu (29/4/2023).

Pria yang biasa disapa Gus Halim ini menyatakan, jika ASN yang masuk di Kemendes PDTT adalah representasi pemerintah melalui seleksi yang ketat. Oleh sebab itu, dalam melayani masyarakat harus selalu berpedoman pada Core Value seluruh PNS di Indonesia, yaitu ASN BERAKHLAK.

Baca juga : Gus Halim: Desa Berperan Strategis Dalam Konvergensi Stunting

"Ini panduan etis seluruh PNS, termasuk PNS di Kemendes PDTT," tegasnya.

Gus Halim menjelaskan, dengan detail bahwa etika yang dijunjung ASN yaitu pertama berorientasi pelayanan, kedua akuntabel, ketiga kompeten dan harmoni. Sedangkan kelima loyal, keenam adaptif dan ketujuh adalah kolaboratif.

"Saya mewajibkan seluruh ASN, PPNPN hingga Pramubakti untuk menerapkan core value ASN Berakhlak ini," tandas Gus Halim.

Baca juga : Kemendes Gandeng KPK Tangani Aduan Dan Cegah Korupsi Di Desa

Selain itu, Menteri Gus Halim juga meminta para ASN di Kemendes PDTT untuk terus meningkatkan kapasitas diri di segala sektor agar mampu beradaptasi dan berperan dalam segala permasalahan yang ada di desa.

"ASN di Kemendes PDTT harus mengetahui secara jelas dan detail tugas dan kewajibannya, tidak sektoral sesuatu bidang kerja saja," tandasnya.

Selain berakhlak dan peningkatan kapasitas diri, lanjut Gus Halim, kunci sukses terakhir bagi para ASN adalah Loyalitas.

Baca juga : Kemendes PDTT Dukung BUM Desa Hidupkan Permainan Tradisional

Gus Halim mencontohkan salah satunya loyalitas terhadap pilar negara, yaitu UUD 1945, Pancasila dan seluruh peraturan perundang-undangan.

"Pertama loyalitas, kedua loyalitas dan ketiga adalah loyalitas," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.