Dark/Light Mode

Heru Bakal Temui Erick

JIS Segera Dipermak Demi Piala Dunia U-17

Senin, 3 Juli 2023 07:30 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Antara)
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berjanji akan memperbaiki dan melengkapi kekurangan Stadion Jakarta International Stadium (JIS). Salah satunya, menambah akses keluar dan masuk penonton.

Perbaikan JIS akan dilaku­kan untuk memenuhi standar Federation Internationale de Football Association (FIFA) agar stadion tersebut bisa digunakan menjadi venue sepak bola Piala Dunia U-17 yang akan digelar 10 November-2 Desember 2023.

FIFAsecara resmi sudah menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, setelah Peru mengundurkan diri. Piala dunia U17 akan diikuti 24 negara, termasuk Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang oto­matis akan tampil di perhelatan tersebut. Untuk menyelenggarakan ajang Piala Dunia itu, Indonesia harus menyiapkan sejumlah stadion yang sesuai dengan standar FIFA.

Baca juga : Indonesia Satu-satunya Wakil ASEAN, Ini 24 Negara Peserta Piala Dunia U-17

Jakarta sebagai Ibu Kota negara harus menggelar ajang tersebut. Sayangnya, Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) akan dipakai untuk konser grup band Coldplay. Sudah sejak jauh hari, penyelenggara konser grup band top asal Inggris tersebut sudah menyewa stadion terbaik ke-8 di dunia versi situs Tiketgum untuk konser pada 15 November 2023.

Karena itu, Stadion JIS men­jadi opsi untuk menggantikan Stadion GBK. Namun, Per­satuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menilai JIS belum sesuai dengan standar FIFA. Karena itu, pada 27 September 2022, JIS gagal menjadi venue FIFA matchday Timnas Indonesia vs Curacao.

Tim Infrastructure Safety and Security PSSI menyebut ada sejumlah infrastruktur JIS yang kurang layak untuk pertandingan internasional. Di antaranya, minimnya akses masuk dan keluar penonton dan minimnya kantong parkir dan akses trans­portasi umum.

Baca juga : PSSI-Kemenpora Segera Bahas Persiapan Piala Dunia U-17

Agar bisa digunakan sebagai venue Piala Dunia U-17, Presi­den Jokowi meminta JIS segera direnovasi. Arahan Presiden ini diungkap Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. Dito mengatakan, akan mengunjungi JIS untuk mengecek kondisinya apakah layak diguna­kan untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17 atau tidak.

“Bapak Presiden menginginkan JIS direnovasi sesuai stan­dar,” kata Dito.

Namun, Dito belum bisa me­mastikan apakah JIS akan digu­nakan untuk Piala Dunia U-17 atau tidak. Sebab, Indonesia memiliki 22 stadion yang siap untuk digunakan. Selain itu, keputusan penetapan stadion untuk ajang Piala Dunia tidak hanya diputuskan Kemenpora, tapi PSSI dan FIFA.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.