Dark/Light Mode

Yuk, Ikutan Imunisasi Rotavirus Gratis

Waspada, Diare Penyebab Kematian Balita Terbanyak

Senin, 7 Agustus 2023 07:30 WIB
Kepala Dinkes DKI Jakarta Ani Ruspitawati. (Foto: Facebook Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta)
Kepala Dinkes DKI Jakarta Ani Ruspitawati. (Foto: Facebook Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta)

 Sebelumnya 
Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes DKI Ngabila Salama menambahkan, imunisasi RV ini merupakan satu dari 15 imunisasi gratis program Pemerintah untuk mencegah kecacatan dan kematian pada bayi dan anak. Menurut Ngabila, prinsip imunisasi adalah lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

“Sangat aman diberikan berbarengan dengan vaksin lainnya. Cara pemberiannya (imunisasi RV) dengan ditetes dan diberikan sebanyak 5 tetes,” kata Ngabila.

Ngabila mengungkapkan, data Dinkes DKI Jakarta menunjukkan bahwa anak yang mendapat imunisasi lengkap dan booster tidak mudah terkena penyakit menular wabah bahkan sampai dewasa. Karena itu cakupan imunisasi tinggi, merata, bermutu terus diupayakan Pemerintah untuk menciptakan herd immunity.

Baca juga : Rajin Inovasi Transaksi, Bank DKI Dinobatkan Jadi BUMD Terbaik

“Imunisasi di puskesmas aman, sehat, bermanfaat, bermutu. Karena teknologi penyimpanan vaksinnya sangat baik dan canggih, mengikuti pedoman nasional,” imbuhnya.

Dia menegaskan, Pemerintah tidak akan mengeluarkan banyak uang untuk beli vaksin, kecuali bertujuan untuk melindungi anak dari cacat dan kematian akibat penyakit menular yang berbahaya.

Hal senada diungkap Ketua Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Prof. Dr. dr Hartono Gunardi. Hartono menyebut, pemberian vaksinasi sangat penting bagi anak-anak agar terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk RV. Menurut situs resmi yaskes.kemkes.go.id, kasus RV umumnya terjadi pada anak-anak usia di bawah 2 tahun.

Baca juga : Orang Muda Ganjar Jatim Adakan Penyembelihan Hewan Kurban Di Surabaya

“Badan Kesehatan Dunia (WHO) merencanakan untuk menghilangkan atau menurunkan angka kejadian diare, yaitu dengan pemberian vaksin RV,” kata Hartono saat Media Briefing World Immunization Week 2023: Kejar Imunisasi, Lindungi Generasi Emas.

Hartono menjelaskan, vaksin RV diberikan dua dosis. “Dosis pertama diberikan pada usia 6 sampai 12 minggu, dan dosis kedua diberikan pada maksimal umur 24 minggu pada yang monovalen, serta 32 minggu untuk yang pentavalen,” ujarnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 7/8/2023 dengan judul Yuk, Ikutan Imunisasi Rotavirus Gratis, Waspada, Diare Penyebab Kematian Balita Terbanyak

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.