Dark/Light Mode

Ini Penjelasan Dirut Garuda, Soal Pesawat Manado-Jakarta Yang Batal Terbang

Rabu, 31 Mei 2023 19:50 WIB
Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia (Foto: Instagram)
Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyampaikan penjelasan soal pesawat bernomor GA 607 rute Manado – Jakarta, yang batal terbang alias return to base (RTB) pada hari ini, Rabu (31/5).

Menurutnya, penerbangan tersebut telah diberangkatkan kembali dengan pesawat pengganti dari Bandara Sam Ratulangi, Manado pada pukul 14.45 WITA dan tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada pukul 16.55 WIB.

Sebelumnya, penerbangan GA607 yang dilayani dengan armada B737-800NG berangkat tepat waktu dari Bandara Sam Ratulangi, pada pukul 07.50 WITA.

Baca juga : AP l Gelar Persiapan Khusus Sambut Kedatangan Pesawat Penumpang Terbesar Di Dunia

Namun, tak lama setelah pesawat lepas landas,.Pilot in Chief (PIC) mendapati salah satu cockpit indicator menyala. Artinya, mesin pesawat yang perlu pengecekan lebih lanjut.

"Dengan mengedepankan aspek safety, PIC memutuskan kembali mendarat di Bandara Sam Ratulangi, Manado untuk memastikan pesawat menjalani pemeriksaan secara menyeluruh," kata Irfan dalam keterangannya, Rabu (31/5).

Dalam prosedur RTB, penerbangan GA607 mendarat dengan normal di Bandara Sam Ratulangi, Manado dan seluruh penumpang serta awak pesawat dalam keadaan baik dan aman.

Baca juga : Ganjar Presiden Rakyat Menggema Di Banten

Garuda memastikan, para penumpang yang terdampak telah mendapatkan service recovery, sesuai aturan berlaku.

"Garuda Indonesia menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang telah dialami oleh para penumpang. Kami akan melakukan evaluasi lebih lanjut, terkait dengan hal tersebut. Demi memastikan komitmen peningkatan kualitas safety, dan layanan penerbangan kepada para pengguna jasa diimplementasikan secara optimal," pungkas Irfan. ■

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.