Dark/Light Mode

Lagi! Kota Tangerang Juara I Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Banten

Selasa, 3 Oktober 2023 17:36 WIB
Kota Tangerang kembali meraih Juara I Sekolah Sehat tingkat Provinsi Banten melalui SMPN 6 Kota Tangerang dan SDN Gondrong 3, Kecamatan Cipondoh. Foto: Istimewa
Kota Tangerang kembali meraih Juara I Sekolah Sehat tingkat Provinsi Banten melalui SMPN 6 Kota Tangerang dan SDN Gondrong 3, Kecamatan Cipondoh. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Catatan prestasi Kota Tangerang di dunia pendidikan tak pernah main-main. Salah satunya pada program Sekolah Sehat yang selalu ditaklukkan Kota Tangerang sejak tahun 2018 silam.

Kini, di tahun 2023 Kota Tangerang kembali meraih Juara I Sekolah Sehat tingkat Provinsi Banten melalui SMPN 6 Kota Tangerang dan SDN Gondrong 3, Kecamatan Cipondoh.

Prestasi ini menjadi bukti nyata terwujudnya lingkungan belajar yang menyenangkan dan berstandar kesehatannya, baik tingkat SD maupun SMP.

Tentu, dengan berbagai program dan inovasi yang terus dikembangkan disetiap sekolah di Kota Tangerang.

Baca juga : Kemlu Boyong Dubes Negara Sahabat Kunjungi Pabrik Kopi Banaran

Kepala SMPN 6 Kota Tangerang, Muji Waluyo menuturkan prestasi ini diraih melalui perjalanan panjang. Mulai bersaing di tingkat Kota Tangerang pada tahun lalu, SMPN 6 Kota Tangerang kini terus mengembangkan dan mempertahankan sederet pembiasaan hidup bersih dan sehat, diseluruh elemen sekolah.

"Menjadi Sekolah Sehat bukan bicara soal program semata. Namun, menyatukan pemikiran untuk seluruh warga sekolah menerapkan budaya hidup bersih dan sehat dan menjadi pembiasaan yang melekat bahkan menjadi kebutuhan. Mulai dari pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan hingga pembinaan kesehatan," ungkap Muji, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (3/10).

Dia pun menjelaskan, sederet program atau pembiasaan yang dimiliki SMPN 6 Kota Tangerang, di antaranya tersedianya UKS berstandar dengan beragam pelayanannya, rutin skrining kesehatan, senam bersama, pemilahan sampah, greenhouse hingga tersedianya kantin sehat berstandar.

Dalam hal ini, seluruh pangan yang diperjualbelikan di Kantin SMPN 6 Kota Tangerang rutin dilakukan uji lab dan standar gizinya oleh jajaran Puskesmas.

Baca juga : SIM Keliling Tangerang Kota 30 September, Cek Di Sini Lokasinya

Selain itu, SMPN Kota Tangerang juga menggagas kader atau duta toilet, anemia, gizi seimbang, jumantik hingga PHBS. Dalam hal ini, siswa bertugas melakukan pengawasan hingga pembinaan pada bidang kesehatan yang mereka emban.

"Standar kesehatan lainnya, juga tersedia 60 toilet di sekolah. Karena memang standar rasio toilet untuk perempuan yaitu satu banding 25 dan laki-laki satu banding 40," jelas Muji.

Kini, dengan prestasi Sekolah Sehat tingkat Provinsi Banten yang telah diraih. Kata Muji, SMPN 6 Kota Tangerang akan berupaya mempertahankan dan meningkatkan seluruh standar kesehatan yang sudah ada.

Terlebih, ini bukan sekadar prestasi, namun budaya hidup sehat yang perlu terus diimplementasikan bahkan menjadi contoh atau inspirasi bagi lingkungan yang lebih luas lagi. Hingga nantinya bisa menjadi pemenang pada tingkat Nasional.

Baca juga : PPP Setia Bersama Banteng

"Prestasi ini merupakan hasil kerja sama banyak pihak. Dengan itu, SMPN 6 Kota Tangerang menuturkan banyak terimakasih pada seluruh pihak. Mulai Tim Pembina UKS Kota Tangerang, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, FKTS hingga Tim Pembina UKS tingkat Kecamatan Karawaci," tutup Muji.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.