Dark/Light Mode

Timba Ilmu Ke Tokoh Lintas agama Tangerang, Ganjar Sepakat Bersama Bangun Bangsa

Minggu, 24 September 2023 19:27 WIB
Ganjar Pranowo, bakal calon presiden Bacapres RI bersilaturahmi dan menimba ilmu kepada sejumlah tokoh lintas agama di Kota Tangerang, Minggu 24/9. Baik Ganjar maupun para tokoh agama bersepakat membangun bangsa acara bersama. (Foto: Ist)
Ganjar Pranowo, bakal calon presiden Bacapres RI bersilaturahmi dan menimba ilmu kepada sejumlah tokoh lintas agama di Kota Tangerang, Minggu 24/9. Baik Ganjar maupun para tokoh agama bersepakat membangun bangsa acara bersama. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ganjar Pranowo, bakal calon presiden (Bacapres) RI bersilaturahmi dan menimba ilmu kepada sejumlah tokoh lintas agama di Kota Tangerang, Minggu (24/9). Baik Ganjar maupun para tokoh agama bersepakat membangun bangsa acara bersama. 

Pertemuan yang dilakukan di Pondok Pesantren Roudlotussalaam Cimone, Kota Tangerang itu dihadiri oleh pengasuh Ponpes KH Abdul Mu'thi, KH Hasan Basri, KH Ahmad Baijuri, KH Syahru Wardi, KH Mahmudin Abdullah, KH Abdullah Tholib. 

Selain itu, ada Romo Ruby ((Buddha), GST Artha (Hindu), Jhoni Tan (Tao), Herman Suhanda (Kong Hucu), PDT Ronny Samantimbang (Kristen). 

Menurut Ganjar, para tokoh agama punya peran penting untuk kelahiran dan keberlangsungan negara Indonesia. Keberagaman yang dimiliki Indonesia, lanjut Ganjar, harus terus dirawat dan dijaga. Salah satunya dengan melibatkan peran tokoh agama. 

Baca juga : Relawan Gus-Gus Ganjar Gelar Pelatihan Wirausaha Cafe Dan Bakery Di Jatim

"Apa yang kami lakukan di Jawa Tengah adalah merawat kebhinekaan dan toleransi. Salah satunya membuat saling menghormati. Candi Borobudur dan Prambanan kami jadikan pusat ibadah bagi umat Buddha dan Hindu, bukan hanya tempat wisata," katanya. 

Selain itu, mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu menceritakan saat bergandengan dengan ulama dalam mengentaskan kemiskinan melalui program Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Tengah. 

"Saat itu APBD kita kecil, maka kita ketemu dengan ulama dan mengembangkan Baznas. Yang dulunya sebulan hanya Rp 200 juta, sekarang bisa Rp 6 miliar," paparnya. 

Ke depan, Ganjar akan melibatkan para tokob agama untuk menentukan arah kebijakan. 

Baca juga : Ini Alasan Whoosh Dipilih Jadi Nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung

"Ke depan kita perlu mendengarkan para tokoh agama tiap perencanaan. Sehingga partisipasi yang merepresentasikan kelompok-kelompok itu kelak kemuaidan ikut serta berkontribusi memberikan masukan dalam pengambilan keputusan. Ini yang bisa menjaga situasi kondusif," pungkasnya. 

Sementara itu, KH Abdul Mu'thi menyampaikan bahwa Ganjar adalah sosok yang mampu bergandengan tangan sekaligus membawa aspirasi dari para ulama dalam membangun bangsa. 

"Pak Ganjar kita harapkan menjadi Presiden Indonesia 2024 dan malah kita mohon bisa dua periode nanti," ujar KH Abdul Mu'thi atau akrab disapa KH Utin. 

Sekian kali pemilihan presiden, KH Utin panggilan akrabnya, hanya kali ini ia benar-benar memilih dan mendukung calon presiden, yakni Ganjar Pranowo. 

Baca juga : KPK Undang Ary Ginanjar Beri Materi Penguatan Antikorupsi

"Saya mengalami beberapa kali Pilpres. Kali ini yang pas saya pilih itu hanya Pak Ganjar, karena kita mengharapkan damai, kita bisa damai, bisa ibadah, pokoknya tentramlah," ungkapnya. 

Menurutnya, kalangan pesantren tidak asing lagi dengan sosok Ganjar Pranowo. Sebab, politikus berambut putih itu menikahi Siti Atikoh yang tak lain adalah cucu ulama besar di Purbalingga. 

"Pak Ganjar itu istrinya dari kalangan pesantren, keluarga pesantren. Ya, mertuanya seorang kiai yang punya pesantren," tuturnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.