Dark/Light Mode

Terus Pacu Proyek RDF

Jakarta Bakal Stop Buang Sampah Ke Bantar Gebang

Rabu, 13 Desember 2023 07:30 WIB
Wakil Ketua Bapemperda DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi. (Foto: Dok. DPRD DKI Jakarta)
Wakil Ketua Bapemperda DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi. (Foto: Dok. DPRD DKI Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan akan terus menambah fasilitas untuk mengelola sampah menjadi bahan bakar di Ibu Kota. Langkah ini dipatok bisa meninggalkan metode pengepulan dan pemusnaan sampah (sanitary landfill) di Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat.

Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi mengungkapkan, dewan telah mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Umum Energi Daerah (RUED) pada Rabu (6/12/2023). Salah satu fokus dari payung hukum tersebut yakni mengatur pengolahan sampah menjadi energi atau bahan bakar alternatif.

Baca juga : Prakiraan Cuaca Besok Di Jakarta, BMKG: Tidak Hujan Tapi Cerah Dan Panas

Suhaimi berharap, pengolahan sampah metode Refuse Derived Fuel (RDF) yang sudah diatur dalam Perda RUED mampu menjadi solusi menurunkan emisi gas rumah kaca (GRK) yang kerap dihasilkan oleh aktivitas penggunaan bahan bakar fosil seperti batubara, minyak bumi dan gas alam.

Suhaimi berharap, proses produksi RDF dapat mengurangi emisi gas rumah kaca berupa metana (CH4) yang dihasilkan dari proses sanitary landfill konvensional seperti yang selama ini dijalankan.

Baca juga : Hore, Rakyat Kecil Bakal Digratisin Iuran Sampah

“Hasil RDF bisa digunakan untuk bahan bakar produksi semen yang selama ini menggunakan batubara berpolusi tinggi. Dengan demikian, RDF akan mampu menurunkan emisi GRKyang sejalan dengan upaya kota global mengurangi pencemaran udara,” ujar Suhaimi di Jakarta, Senin (11/12).

Target besar dari pengolahan sampah dengan metode RDF, lanjut Suhaimi, dapat memberikan contoh kepada para pengguna bahan bakar fosil agar bisa beralih menggunakan bahan bakar energi alternatif. Adapun tahap pengolahan sampah menjadi bahan bakar, yakni tahap penyaringan (screening), pemilahan (separating), pencacahan (shredding) dan pengeringan (drying).

Baca juga : Cuaca Besok Di Jakarta, BMKG: Hujan Dan Potensi Angin Kencang Untuk Wilayah Ini

“Teknologi RDF dibangun untuk memberikan solusi yang cepat untuk pengelolaan sampah Jakarta,” ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.