Dark/Light Mode

Jelang Pemilu, Perkuat Koordinasi Dengan KPU

Dinas Sosial Pastikan ODGJ Ikut Nyoblos

Rabu, 17 Januari 2024 07:30 WIB
Kepala Dinsos DKI Jakarta Premi Lasari. (Foto: Dok. Dinsos DKI Jakarta)
Kepala Dinsos DKI Jakarta Premi Lasari. (Foto: Dok. Dinsos DKI Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang Pemilu, Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta memperkuat Koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Langkah itu diambil untuk memastikan hak warga binaan sosial ikut memilih wakil rakyat dan calon presiden (Capres) terpenuhi.

Kepala Dinsos DKI Jakarta, Premi Lasari mengatakan, pi­haknya akan terus berkoordinasi dengan KPU terkait keperluan administrasi hak konstitusi war­ga binaan.

Baca juga : Timnas Dituntut Berbenah

Premi juga telah menginstruk­sikan pengurus panti sosial agar memperhatikan dan berkoordi­nasi terkait Nomor Induk Kepen­dudukan (NIK), serta tempat pencoblosan warga binaan.

“Agar seluruhnya bisa ter-update dan berjalan dengan lancar pada hari H (pencoblosan) nanti,” ujar Premi di Jakarta, baru-baru ini.

Baca juga : Jelang Pemilu, BPH Migas Pastikan Stok BBM Dan LPG Aman

Premi meminta, jika ada war­ga binaan sosial yang memiliki risiko tinggi, baik dari kondisi kesehatan jiwa maupun mental agar diberikan surat keterangan dokter untuk memastikan warga binaan sosial tetap bisa menjadi pemilih atau tidak.

“Pastinya akan dilakukan pemeriksaan kesehatan un­tuk menentukan warga binaan tersebut bisa memilih atau ti­dak. Kalaupun bisa tapi perlu bantuan, maka petugas akan membantu saat dia melakukan pencoblosan,” katanya.

Baca juga : Jelang Nataru, BNI Berikan Promo Spesial Pembelian Tiket Whoosh

Ketua Divisi Data dan Infor­masi KPU DKI Jakarta, Fahmi Dzikrillah menuturkan, KPU DKI Jakarta memberikan kesempatan kepada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) sebagai pemilih atau memiliki hak suara pada Pemilu 2024.

“Kami memberikan pelayanan terhadap ODGJ atau disabilitas mental untuk bisa memilih dalam Pemilu 2024,” kata Fahmi di Jakarta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.