Dark/Light Mode

Jelang Pemilu, Perkuat Koordinasi Dengan KPU

Dinas Sosial Pastikan ODGJ Ikut Nyoblos

Rabu, 17 Januari 2024 07:30 WIB
Kepala Dinsos DKI Jakarta Premi Lasari. (Foto: Dok. Dinsos DKI Jakarta)
Kepala Dinsos DKI Jakarta Premi Lasari. (Foto: Dok. Dinsos DKI Jakarta)

 Sebelumnya 
Fahmi menuturkan ODGJ tetap diberikan kesempatan se­bagai pemilih agar hak suaranya dapat diperhitungkan dalam ajang Pemilu 2024.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan pendampingan kepa­da ODGJ saat mendatangi Tem­pat Pemungutan Suara (TPS). Salah satunya Panti Sosial Bina Laras, Cipayung, Jakarta Timur yang tercatat memiliki empat TPS Pemilu 2024.

“TPS yang berada di kawasan Cipayung itu terdapat pemilih yang sedang menjalankan perawatan dan rehabilitasi untuk ODGJ,” jelasnya.

Baca juga : Timnas Dituntut Berbenah

Diungkap dia, jumlah pemilih di TPS 72 itu terdapat 280 pe­milih laki-laki. Sedangkan TPS 73 terdapat 118 laki-laki dan 158 perempuan. Kemudian, TPS 91 terdapat enam laki-laki dan 210 perempuan serta nomor TPS 92 terdapat 155 perempuan.

Berdasarkan data dari KPU DKI, Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 ber­jumlah 8.252.897 pemilih. Dari jumlah pemilih tersebut, 61.747 di antaranya merupakan penyan­dang disabilitas termasuk 22.871 disabilitas mental.

Fahmi bilang, pihaknya terus memastikan hak-hak warga bi­naan Panti Sosial mendapatkan hak-haknya dalam Pemilu 2024.

Baca juga : Jelang Pemilu, BPH Migas Pastikan Stok BBM Dan LPG Aman

“Kami berkoordinasi meng-update data pemilih para warga binaan yang ada di panti terse­but, baik yang baru masuk mau­pun yang sudah keluar,” ujarnya.

Diharapkannya, dengan adanya pertemuan ini, warga bi­naan sosial dapat menggunakan hak pilihnya sehingga dapat berkontribusi untuk masa depan Indonesia.

Untuk diketahui, Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pil­pres) akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Bersamaan dengan Pemilu Legislatif (Pileg). Sementara, pemilihan kepala daerah (Pilkada) untuk memilih gubernur, bupati, dan wali kota akan diselenggarakan serentak di seluruh daerah pada 27 No­vember 2024.

Baca juga : Jelang Nataru, BNI Berikan Promo Spesial Pembelian Tiket Whoosh

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 17/1/2024 dengan judul Jelang Pemilu, Perkuat Koordinasi Dengan KPU, Dinas Sosial Pastikan ODGJ Ikut Nyoblos   

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.