Dark/Light Mode

Innalillahi, Petugas Damkar Gugur Usai Padamkan Kebakaran Gedung YLBHI

Senin, 8 April 2024 08:44 WIB
Innalillahi, Petugas Damkar Gugur Usai Padamkan Kebakaran Gedung YLBHI

RM.id  Rakyat Merdeka - Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI berduka. Anggota Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Pusat, Samsul Triatmoko, gugur pada Senin (8/4/2024), usai memadamkan api yang melalap Gedung Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) di Jalan Diponegoro, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (7/4/2024) malam.

"Segenap keluarga besar Jakarta mengucapkan turut berbelasungkawa atas wafatnya Samsul Triatmoko selaku Satgas Gulkarmat Kelurahan Johar Baru, Suku Dinas Gulkarmat Kota Administrasi Jakarta Pusat pada Senin, 8 April 2024. Beliau gugur setelah menyelesaikan operasi pemadaman di Jalan Diponegoro, Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat pada malam lalu (7/4). Semoga amal dan ibadah beliau diterima Allah SWT serta keluarga yang ditinggal dapat diberikan ketabahan," demikian keterangan Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, melalui akun Instagram resminya, @humasjakfire, Senin (8/4/2024).

Suasana haru terlihat jelas, saat Samsul dibaringkan di tandu ambulans untuk dibawa ke rumah sakit. Dia tampak tak sadarkan diri, dengan alat bantu pernapasan.

"Ndan, kuat Ndan," kata sejumlah rekannya sesama pemadam, mencoba menguatkan.

Baca juga : Kapolri Tegaskan TNI-Polri Komitmen Beri Rasa Aman Ke Warga yang Mudik

Namun, takdir berkata lain. Samsul yang sempat mendapatkan penanganan di IGD RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, menghembuskan napas terakhirnya, pada Senin (8/4/2024).

Keterangan YLBHI

Pengurus YLBHI Muhamad Isnur mengatakan, Kantor LBH YLBHI terbakar pada Minggu (7/4/2024) pukul 22.00 WIB.

"Saksi mata Wasiatun, pemilik warung pecel lele di depan Kantor LBH, mendengar tiga kali suara ledakan keras dan percikan api, yang diduga berasal dari AC lantai 2 Gedung YLBHI," ungkap Isnur dalam keterangannya, Minggu (7/4/2024).

Dari ledakan itu, lanjutnya, muncul kobaran api yang langsung menjalar ke lantai 2 dan 3 gedung.

Baca juga : Kolaborasi Dettol dan Alfamart Kampanyekan Tambah Kebaikan di Bulan Ramadan

"Sekitar pukul 22.15, enam unit mobil pemadam kebakaran datang dan berupaya memadamkan api. Ada 2 ruangan di lantai 2 (LBH Jakarta) yang terbakar. Dinding ruangan lantai 3 sedikit terbakar. Belum diketahui, kerugian yang dialami akibat kebakaran," beber Isnur.

10 Pemadam & 40 Personel

Melalui laman Instagram resminya, @humasjakfire, Dinas Gulkarmat DKI Jakarta menuturkan, pihaknya bergerak cepat menindaklanjuti  laporan kebakaran yang disampaikan YLBHI. Dengan mengerahkan unit mobil pemadam dan personel ke lokasi kejadian.

Minggu (7/4/2924) pukul 22.26, operasi pemadaman dimulai. Empat menit kemudian, perambatan api berhasil dilokalisir.

Pukul 22.54, proses pemadaman masuk ke tahap pendinginan untuk mengurai material yang mudah terbakar, agar tidak menyisakan api atau asap.

Baca juga : PLN Icon Plus Siap Wujudkan IKN sebagai Smart and Green City

Pukul 23.58, setelah mengerahkan 10 unit mobil pemadam dan 40 personel, operasi pemadaman dinyatakan selesai.

Dugaan sementara, kebakaran diakibatkan oleh korsleting listrik.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.