Dark/Light Mode

DPRD DKI Dorong Tambah Aparatur

Tugas Personel Damkar Kini Udah Jadi Palugada

Sabtu, 8 Juni 2024 06:50 WIB
Wakil Ketua Komisi A De­wan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Inggard Joshua. (Foto: DPRD DKI Jakarta)
Wakil Ketua Komisi A De­wan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Inggard Joshua. (Foto: DPRD DKI Jakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penambahan petugas pemadam kebakaran (damkar) di Ibu Kota sudah mendesak. Selain kekurangan personel, tugasnya bertambah. Tak cuma padamkan api, petugas mengurusi banyak hal mulai dari menangkap hewan liar sampai mengambil kunci mobil masuk ke got.

Jumlah petugas damkar di Jakarta sudah lama minim, tidak memadai berbanding dengan luas wilayah yang harus ditangani. Saat ini, ada 3.800 personel yang melayani 661,52 kilometer persegi (km2) yang terbagi dalam 44 Kecamatan dan 267 Kelurahan.

Wakil Ketua Komisi A De­wan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Inggard Joshua mendorong Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) me­nambah jumlah personel.

“Penting agar layanan kepada masyarakat lebih maksimal,” kata Inggard saat kunjungan kerja ke kantor Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (5/6/2024).

Apalagi kini tugas Gulkarmat tidak hanya berurusan dengan api. Menurut Inggard, personel Gulkarmat kerap membantu mengatasi berbagai masalah yang dihadapi warga, seperti evakuasi binatang liar, mengam­bil kunci kendaraan yang masuk ke got dan keadaan darurat lain­nya. Bisa dibilang Gulkarmat ini layanan “palugada,” (apa yang elu minta, gue ada), artinya melayani semua hal.

Baca juga : Garuda Siapkan Kemenangan

Diungkap Inggard, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendag­ri), merekomendasikan Dinas Gulkarmat DKI setidaknya me­miliki 11.200 personel.

“Kita harap ada rapat kerja menyangkut masalah kepega­waian, bersama Biro ORB (Or­ganisasi dan Reformasi Bi­rokrasi), kemudian BKD (Badan Kepegawaian Daerah), serta asisten Pemerintahan,” ujarnya.

Namun dia menyarankan penambahan personel ini tidak dengan cara merekrut Sumber Daya Manusia (SDM) baru. Tapi memanfaatkan personel Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP).

“Pemprov DKI Jakarta memi­liki sekitar 120 ribu PJLP yang tersebar di sejumlah Satuan Ker­ja Perangkat Daerah (SKPD). Ini tinggal ada mutasi saja. Karena tidak mungkin PJLP ditambah terus,” ucapnya.

Opsi lain, para petugas PJLP di setiap Kelurahan dibekali ke­ahlian untuk dijadikan personel Gulkarmat. Sehingga jumlah ideal personel Gulkarmat bisa terpenuhi.

Baca juga : Wendy Walters, Mantan Suami Curhat Nyaris Bunuh Diri

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan mengakui, butuh penambahan jumlah personel seiring dengan adanya petugas yang pensiun.

“Saat ini di pos yang berjaga itu hanya tiga (orang). Padahal idealnya enam orang. Jadi sudah ada fungsi yang tidak ter-cover. Maka kebutuhan personel ini jadi hal yang sangat urgent bagi Dinas Gulkarmat DKI Jakarta,” ucap Satriadi.

Diungkap Satriadi, jumlah pegawai di lingkungan yang dipimpinnya mencapai 4.263. Jumlah itu terdiri dari 1.745 PJLP, 1.874 Aparatur Sipil Neg­ara (ASN), 383 unsur staf dan 261 PJLP non operasional.

“Dengan kondisi yang ada, kami tetap berupaya maksimal menjaga standar layanan mini­mal,” tuturnya.

Meski begitu, lanjut Satriadi, akibat kekurangan personel, jajarannya melakukan berbagai penyesuaian standar operasional agar layanan tetap optimal. Selain personel, Satriadi juga mengung­kapkan belum semua kelurahan di Jakarta memiliki Posko Pemadam. Saat ini, baru sebanyak 170 unit di enam wilayah kota dan kabupaten di Jakarta.

Baca juga : Jokowi Tugasi Prabowo Bahas Gaza Di Yordania

“Keberadaan posko ini erat kaitannya dengan kecepatan respons penahanan. Kalau sudah semua terpenuhi pastinya akan meningkatkan respons time lay­anan,” tandasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu, 8 Juni 2024 dengan judul DPRD DKI Dorong Tambah Aparatur, Tugas Personel Damkar Kini Udah Jadi Palugada

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.