Dark/Light Mode

Meriahkan HUT DKI ke-497, Jakarta Timur Gelar Bazar UMKM Terbesar

Senin, 10 Juni 2024 18:53 WIB
Walikota Jakarta Timur M Anwar.
Walikota Jakarta Timur M Anwar.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kota Administrasi Jakarta Timur telah menyelesaikan kurasi terhadap 2.166 peserta UMKM binaan dalam rangka menyambut HUT DKI Jakarta ke-497. Proses kurasi yang berlangsung selama hampir satu minggu ini bertujuan mempersiapkan peserta untuk kegiatan bazar Jakarta Entrepreneur yang akan digelar pada 14 Juni 2024.

Pelaksanaan bazar ini akan dilakukan serentak di 10 kecamatan, 1 kota, dan 3 mall di Jakarta Timur, dengan partisipasi 2.166 peserta dari 6 OPD Pengampu dan PKK. Fasilitas yang disediakan termasuk 989 tenda bazar yang tersebar di 64 kelurahan, 1 kota, dan 3 mall.

Menurut Melinda Sagala, Kepala Suku Dinas PPKUKM Kota Administrasi Jakarta Timur, bazar semacam ini sudah rutin diadakan. Namun, untuk skala sebesar ini, baru kedua kalinya dilaksanakan, memanfaatkan momentum HUT DKI Jakarta ke-497. Kecamatan yang berpartisipasi meliputi Cakung, Ciracas, Pulo Gadung, Matraman, Jatinegara, Makasar, Cipayung, Duren Sawit, Pasar Rebo, Kramat Jati, serta tingkat kota di Kecamatan Cakung dan 3 mall, yaitu Mall Tamini Square, Mall Ciplaz Plaza, dan Mall Bassura.

Baca juga : Dilirik PDIP Di Pilgub DKI Jakarta, Anies Merasa Tersanjung

Melinda juga menambahkan bahwa bazar kali ini melibatkan banyak kolaborator dan memperkenalkan inovasi unik dalam pembinaan UMKM. Selain menyediakan tempat berjualan, bazar ini juga menerapkan pembayaran cashless dengan metode QRIS. Selain itu, UMKM yang terlibat sudah dilengkapi dengan BPJS Ketenagakerjaan.

UMKM yang tergabung dalam bazar ini akan mengadakan penjualan secara maraton pada 14 Juni, menampilkan produk unggulan seperti makanan kemasan, fashion, dan kerajinan yang telah melalui proses kurasi ketat dari Sudin PPKUKM Kota Administrasi Jakarta Timur.

Puncak perayaan akan ditandai dengan pemberian Rekor MURI untuk bazar terbesar dengan peserta terbanyak, yang akan dilaksanakan di Kantor Walikota Jakarta Timur. Diharapkan, PJ Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bapak Heru Budi Hartono dan Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur Bapak M. Anwar akan menerima penghargaan tersebut.

Baca juga : Mall Ciputra Jakarta Kembali Gelar Donor Darah Massal

Masyarakat di wilayah Jakarta Timur, yang tersebar di semua kelurahan di 10 kecamatan dan 1 kota, diharapkan menjadikan bazar ini sebagai pesta rakyat dengan mendukung dan membeli produk dari para UMKM, serta membantu memulihkan perekonomian masyarakat pasca pandemi.

Ratu Rante Allo, Kepala Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta, menyatakan bahwa sudah saatnya UMKM di DKI Jakarta menjadi tangguh dan naik kelas.

"Bazar ini merupakan salah satu implementasi dari pelatihan UMKM untuk menghadapi era global dan bersaing di pasar," imbuhnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.