Dark/Light Mode

Dilirik PDIP Di Pilgub DKI Jakarta, Anies Merasa Tersanjung

Sabtu, 8 Juni 2024 20:22 WIB
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Antara)
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDI Perjuangan (PDIP) mengaku tertarik dengan sosok Anies dan membuka peluang untuk mengusung eks Gubernur DKI Jakarta itu di Pilgub DKI nanti. Menanggapi hal tersebut, Anies Baswedan merasa tersanjung. 

"Saya sampaikan apresiasi sekali, sebuah kehormatan yang luar biasa," kata Anies saat ditemui di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, seperti dikutip Antara, Sabtu (8/6/2024). 

Mantan Rektor Universitas Paramadina itu mengatakan tak hanya memberikan apresiasi kepada PDIP. Ia juga mengapresiasi semua partai yang memiliki ketertarikan untuk mendukungnya maju pada Pilgub DKI Jakarta nanti. 

Menurut Anies, dukungan tersebut datang karena hasil dari 5 tahun kepemimpinannya di Jakarta yang dianggap banyak memberi dampak baik dan menciptakan kedamaian.

Baca juga : Dukung TOD Di Jakarta, GPC Tawarkan One Stop Living

Saat ini, Anies mengaku sudah berdiskusi dengan banyak pihak terkait dengan peluangnya maju kembali menjadi calon gubernur DKI Jakarta.

"Saat ini kami sedang banyak berdiskusi, banyak tukar pikiran tentang apa langkah yang akan dilakukan ke depan," kata Anies. 

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengakui bahwa Anies masuk dalam daftar cagub akan diusung PDIP. 

"Ya harus realistis bagaimana melihat situasi di lapangan. Karena setiap daerah itu wilayahnya itu beda-beda. Ini kira-kira peluangnya ada di wilayah mana," kata Puan.

Baca juga : Kaesang: Tunggu Agustus!

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah menyatakan pihaknya membuka peluang bekerja sama dengan PKB di Pilkada Jakarta.

"Ketika kerja sama kami dengan PKB direalisasi dalam Pilkada Jakarta, sangat mungkin pembicaraan mengenai kerja sama politik mengenai calon yang diusung dari PKB, dalam hal ini Pak Anies Baswedan," tutur Basarah di DPP PKB, Jakarta Pusat, Sabtu, (8/6/2024).

Menurut Basarah, Anies dianggap sebagai sosok yang kuat memiliki daya tawar yang tinggi. Karena di sisi lain, ada usulan agar PDIP memajukan mantan panglima TNI Andika Perkasa.

 "Mungkin juga dibicarakan dengan calon yang mungkin akan kami usung dari PDI-Perjuangan," imbuhnya.

Baca juga : Rel Terdampak Insiden Pembangunan Gedung Kejagung, MRT Jakarta Hentikan Sementara Operasional Kereta

Namun, Basarah memastikan, belum ada keputusan final. Masih banyak tahapan komunikasi yang harus dilakukan antar partai yang bekerja sama.

Ketua DPP PKB Daniel Johan menyambut baik rencana kerja sama dengan PDIP. Kalau perlu bukan hanya di Jakarta, tetapi di daerah lainnya.

Ditegaskan Daniel, PKB dan Anies sudah datu visi misi di Pilkada Jakarta. Terkait waktu pemberian rekomendasinya, tinggal menunggu waktu saja.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.