Dark/Light Mode

Sosok Ini Dinilai Layak Gantikan Rudi Maesyal Jadi Sekda Kabupaten Tangerang

Rabu, 10 Juli 2024 18:01 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Maesyal Rasyid resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang. Pria yang karib disapa Rudi Maesyal ini mengajukan pensiun dini karena ingin mengabdi kepada masyarakat Kabupaten Tangerang dengan mengikuti kontestasi Pilkada pada 27 November 2024 mendatang.

Pasca mundurnya Rudi Maesyal, terjadi kekosongan pada jabatan Sekda Kabupaten Tangerang.

"Posisi Sekda tak boleh dibiarkan kosong berlama-lama dan harus segera diisi, karena dapat mengganggu jalannya pembangunan di Kabupaten Tangerang," ungkap pengamat kebijakan publik dari Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul, Rabu (10/7/2024).

Dosen Fisip Unis Tangerang ini mengemukakan, pengganti Rudi Maesyal harus figur yang mampu mengakselerasi semua program dan punya jiwa leadership yang kuat.

Baca juga : Menimize Dan Mimaki Hadirkan Revolusi Model Bisnis 3D Kaya Warna

"Calon pengganti Maesyal Rasyid harus pejabat senior dan harus pengalaman yang luas. Karena harus menjadi panglima ASN nomor satu, leadership-nya harus kuat, itu kuncinya," tegas Adib.

Sumber di Pemkab Tangerang yang enggan disebut namanya mengungkapkan, ada sejumlah nama pejabat senior yang layak menggantikan Rudi Maesyal sebagai orang nomor tiga di Pemkab Tangerang ini.

Salah satu pejabat senior yang layak menggantikan Rudi Maesyal sebagai Sekda Kabupaten Tangerang adalah Soma Atmaja.

"Beliau ini adalah salah satu pejabat yang punya segudang pengalaman dari sejak Bupati Tangerang dipimpin Pak Ismet Iskandar, Zaki Iskandar hingga Pj Bupati yang sekarang,” ujar sumber itu.

Baca juga : Pj Gubernur Jateng Upayakan Ahmad Yani Kembali Jadi Bandara Internasional

Pak Soma, katanya, selalu mendapatkan posisi strategis dan berhasil menjalankan tugas yang diberikan dengan baik.

Dia juga disebut piawai ketika menangani Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tangerang myang publik terbukti dapat meningkatkan investasi di daerah itu.

Sebagai Plt Kepala Dinas Kominfo, Soma juga terkenal dekat dengan kalangan wartawan.

Sehingga beliau dapat mengkomunikasikan program-program kerja Pemkab dengan baik kepada insan pers.

Baca juga : Seala Syah Alam Inspirasi Kebangkitan UMKM Melalui Seni Kaligrafi di Tangerang

"Selain itu menjadi pejabat di pemerintahan, Soma juga aktif menjadi Ketua Umum Pengurus Cabang Taekwondo Indonesia Kabupaten Tangerang masa bakti 2020-2024 dan Ketua PMI Kabupaten Tangerang 2 periode (2014-2019 dan 2019-2024)," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.