Dark/Light Mode

Pantau Gereja di Malam Natal, Anies Dapat Oleh-oleh Ulos Dari Gereja HKBP Petojo

Selasa, 24 Desember 2019 19:48 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau gereja di Malam Natal, Selasa (24/12). (Foto: Istimewa)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau gereja di Malam Natal, Selasa (24/12). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan mengunjungi sejumlah gereja bersama Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), dalam rangka memantau kelancaran jalannya malam Natal, Selasa (24/12) petang.

Dalam kunjungannya, Anies menyampaikan pesan perdamaian dan ikhtiar bersama untuk persatuan di wilayah Jakarta.

"Kami di Jakarta ingin selalu membangun suasana teduh, aman, damai. Kami selalu menyampaikan, bahwa kita menginginkan Jakarta yang suasana masyarakatnya, saling menghormati dan saling menghargai. Dan itu artinya, kita membangun kesetaraan kesempatan. Kami selalu menyampaika,  bahwa keberagaman itu adalah takdir Tuhan, persatuan adalah ikhtiar manusia. Karena itu, bagian kita adalah mengusahakan adanya persatuan. Itu juga yang kita ikhtiarkan di Jakarta,” ungkap Anies dalam sambutannya di Gereja Kristoforus, Petamburan, Jakarta Barat, Selasa (24/12).

Dalam kunjungan pertamanya tersebut, Anies juga menyerap aspirasi masyarakat Kristiani dalam upaya renovasi gereja, karena terdapat genangan setiap musim hujan.

Baca juga : Pasca Gempa M7.1 di Maluku Utara, Aktivitas Warga Berangsur Normal

Anies memastikan, proses perizinan renovasi tempat ibadah tersebut akan berjalan baik, dan tidak mengalami kendala berarti.

“Kita tadi mendengar ada rencana renovasi. Ini ada Pak Walikota ada di sini, siap membantu agar perizinannya bisa berjalan dengan baik. Dan biarlah nanti ceritanya, cerita sejarah bahwa dulu pernah ada banjir. Tapi, di gedung ini nanti, Paroki yang baru, yang sudah direnovasi, Insya Allah Jakarta bebas banjir. Sehingga, tidak ada lagi cerita foto-foto dengan gambar itu di masa yang akan datang,” tegas Anies.

Pada kunjungan berikutnya, Anies bersama rombongan menyapa jemaah Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Petojo, Grogol.

Dalam lawatannya tersebut, Gubernur Anies mendapatkan cinderamata kain ulos yang diberikan langsung oleh Pendeta Albiner Hutauruk.

Baca juga : Bandara Ngurah Rai Tetap Beroperasi Normal, Turis Diminta Update Informasi Dari Akun Resmi Pemerintah

“Saya menyampaikan terima kasih, sebuah kehormatan mendapatkan kain ulos ini yang rajutan tenunnya luar biasa. Terima kasih kepada Bapak Ibu sekalian. Kain ulos ini akan saya simpan di ruang kerja saya di Balai Kota,” ujar Anies.

Ia juga menyampaikan, suasana peringatan Hari Natal di Jakarta pada tahun 2019 ini mengalami perubahan dengan penyelenggaraan Christmas Carol selama 3 hari berturut-turut pada 18-20 Desember.

Selain itu, adapula Christmas Tree dari bahan daur ulang setinggi 10 meter di Thamrin 10, lengkap dengan berbagai kuliner, yang dapat menjadi tempat berkumpul warga.

Anies berharap, interaksi dan kebahagiaan yang terbangun melalui kegiatan tersebut dapat menjaga suasana kedamaian maupun keteduhan di Jakarta.

Baca juga : Belanja Di Bandara, Dapatkan Hadiah Menarik Wisata Ke London

“Kita berharap pada malam hari ini, para jemaah semua juga merasakan seperti yang kita rasakan. Dan kita berharap di hari-hari ke depan, di bulan-bulan ke depan, di tahun-tahun ke depan, Jakarta terus berada dalam suasana kedamaian, suasana ketenteraman,” tutur Anies.

"Izinkan kami atas nama Pemprov DKI Jakarta, dan seluruh jajaran Forkopimda juga Forum Kerukunan Umat Beragama, menyampaikan kepada Ibu Bapak sekalian, jemaah di HKBP Petojo Grogol ini, selamat memperingati Hari Natal. Semoga kedamaian selalu ada pada diri Ibu dan Bapak sekalian. Semoga kedamaian ada pada masyarakat kita. Dan semoga Tuhan selalu memberkati kita semua,” tutup Gubernur Anies di Gereja HKBP Petojo Grogol. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.