Dewan Pers

Dark/Light Mode

Masih Nunggu Rakornas

Tidak Ada Spanduk Capres Di Kantor Partai Bulan Bintang

Senin, 21 Januari 2019 15:32 WIB
Kantor DPP PBB. (Foto : Istimewa).
Kantor DPP PBB. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Bulan Bintang (PBB) tengah bersiap menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 2019. Dalam Rakornas itu bakal diumumkan dukungan kepada salah satu capres-cawapres. Bagaimana persiapannya?

Kemarin siang (20/1), markas Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PBB sepi. Kantor ini terletak di Jalan Raya Pasar Minggu. Gerbang hijau tua membatasi kantor dengan lingkungan di luar. Tak begitu besar. Lebarnya tak sampai tiga meter. Tingginya hanya dua meter. Sederhana.

Di luar pagar, penanda bangunanitu sebagai Kantor DPP PBB cukup mencolok. Puluhan bendera berukuran kecil, denganlogo partai itu berkibar. Di atasnya, sebuah baliho besar berdiri kokoh. Isinya, kalimat dan gambar sang Ketua Umum. Yusril Ihza Mahendra.

Masuk ke bagian dalam, suasana sepi sangat terasa. Bahkan terasa hening. Tak ada kegiatan berarti. Yang tampak hanya dua petugas kantor. Mereka duduk-duduk. Tak jauh dari gerbang. Dua kursi diletakkan di tempat itu. Tak lupa sebuah meja kecil. Tempat meletakkan kopi hitam. Yang menemani mereka berbincang.

Berita Terkait : Hentikan Politik Uang, Rakyat Bukan Barang!

Meski tak berada di pinggir jalan, Kantor DPP PBB cukup luas. Bila dilihat, bentuk bangunannya menyerupai huruf C. Seluruh bangunan terdiri dari dua lantai. Cat krem yang divariasikan dengan warna hijau khas PBB, mewarnai seluruh dinding. Baik bangunan, eksterior, maupun interior.

Selain jadi kantor DPP, bangunan ini juga dijadikan kantor badan- badan otonom. Semuanya berafiliasi dengan partai itu. Lebih dari dua. Muslimat Bulan Bintang, Brigade Hizbullah dan Komite Aksi Pemenangan Pemilihan Umum (KAPPU) Pusat.

Paling depan, terdapat kantor sekretariat partai. Tempat itu tampak dijadikan semacam lobby. Sebagai tempat awal menerima tamu-tamu yang berkunjung. Beberapa buah kursi dan sebuah meja resepsionis diletakkan di ruangan tersebut. Sebuah televisi dipasang di dindingnya.

Lebih ke dalam, ada kantor KAPPU Pusat. Kantor tersebut berbatasan langsung dengan sekretariat. Juga sebuah kantin. Semakin ke dalam, masih terdapat kantor badan-badan otonom. Seperti Muslimat Bulan Bintang hingga Brigade Hizbullah. Musala melengkapi gedung tersebut.

Berita Terkait : 01 Juara Di Dunia Nyata, 02 Juara Di Dunia Maya

Di bagian dalam gedung, kantor dibuat layaknya ruangan kantor pada umumnya. Masing-masing ruangan dibatasi dinding dari batu. Ukuran masing-masing ruangan pun tak begitu luas. Hanya sekitar 4x4 meter. Ruangan-ruangan tersebut pun diisi peralatan kantor pada umumnya. Seperti kursi maupun terdapat meja.

Selain gedung kantor, ada lapangan terbuka di bagian tengah. Cukup luas. Ukurannya, lebih dari 1.000 meter persegi. Lapangan, biasanya dijadikan tempat parkir. Tapi hari itu tempat parkir juga sepi.

Kantor DPP PBB juga sepi dari spanduk maupun poster. Hampir tak ada spanduk yang terlihat. Kecuali, baliho besar di bagian depan. Tak tampak juga poster atau baliho yang menunjukkan dukungan terhadap salah satu pasangan capres-cawapres.

Irwan, hari itu bertugas di kantor tersebut. Tak ada kegiatankhusus yang dilakukannya. Siang itu, dia berbincang denganseorang rekannya. Tak jelas benar apa yang tengah mereka bincangkan. “Kalau hari Minggu memang begini, Bang. Sepi,” ujar Irwan.

Berita Terkait : Belum Ada Spanduk Capres Di Kantor PBB

Irwan bilang, biasanya aktivitas di Kantor DPP PBB, berlangsung dari Senin sampai Sabtu. Sedangkan Minggu, praktis tertutup. Kecuali, jika ada acara tertentu. Terakhir, kata dia, DPP PBB mengadakan kegiatan pada Sabtu malam (20/1). “Kalau besok pasti ada kegiatan, seperti biasa,” jelas Irwan.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PBB Ajuansyah Surbakti mengatakan, partainya belum mengumumkan mendukung salah satu paslon. Apalagi, memasang spanduk atau poster salah satu paslon di Kantor DPP. “Tapi, debat soal dukungan capres selalu ramai di WA group PBB,” jelas Ajuansyah.

Adapun, saat ini pihaknya tengahmempersiapkan Rakornas. Rencananya, diadakan di Mercure, Ancol, akhir bulan ini. Dia bilang, persiapannya sudah 85 persen. Undangan sudah dikirim ke tiap wilayah. Dan, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) di seluruh Indonesia. “Tanggal 26 Januari 2019 hasil keputusannya,” ucap Ajuansyah. [PYB]