Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Penyemprotan Disinfektan Pakai Drone Diuji Coba di Sudirman-Gatsu, Bundaran HI dan Kota Tua Menyusul

Jumat, 27 Maret 2020 14:43 WIB
Drone yang digunakan untuk menyemprot disinfektan (Foto: Humas Pemkot Administrasi Jaksel)
Drone yang digunakan untuk menyemprot disinfektan (Foto: Humas Pemkot Administrasi Jaksel)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkot Administrasi Jakarta Selatan melakukan uji coba penyemprotan disinfektan menggunakan drone. Penyemprotan dilakukan di areal trotoar dan fasilitas Jalan Sudirman dan Gatot Subroto (Gatsu), Jumat (27/3). 

Kepala Dinas Potensi Kedirgantaraan TNI AU, Marsma TNI Basuki Rochmat, menjelaskan, penyemprotan disinfektan menggunakan drone menyasar wilayah-wilayah yang sulit dijangkau armada mobil Damkar dan Sudin Lingkungan Hidup. Seperti daerah tinggi dan pemukiman sempit.

Baca juga : Baznas Lakukan Penyemprotan Disinfektan Di Stasiun Tanah Abang

Drone yang digunakan berjenis Agra tipe terbaru, memiliki kapasitas 10 hingga 16 liter cairan disinfektan. Penyemprotan diujicobakan TNI AU dan Federas Aero Sport Indonesia (FASI) bekerja sama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. “Hari ini adalah program uji coba di sekitar jalan protokol di Jakarta Selatan dengan drone Agras tipe terbaru dari produksi drone," kata Basuki seperti dikutip antaranews.com.

Menurut Basuki, uji coba penyemprotan disinfektan menggunakan drone cukup berhasil dan bagus. Sehinggga komunitas drone di Jakarta bisa meneruskan kegiatan tersebut guna membantu pemerintah dalam penanganan pencegahan Covid-19.

Baca juga : Ada Penyemprotan Disinfektan, Dishub DKI Berlakukan Rekayasa Lalu Lintas

Dengan peran serta semua pihak, diharapkan tidak ada lagi penambahan korban jiwa akibat pademi Covid-19. “Kalau bersama-sama menangani, kita akan menang melawan Covid-19," kata Basuki.

Penyemprotan menggunakan drone, lanjutnya, dilakukan berdasarkan permintaan dari Pemerintah Kota Jakarta Selatan. Selain Jakarta Selatan, pihaknya juga melakukan penyemprotan di lokasi lain. Sabtu (28/3) di Bunderan HI, Minggu pagi (29/3) di Kota Tua, untuk Minggu siang, di Citra Grand. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.