Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Baznas Lakukan Penyemprotan Disinfektan Di Stasiun Tanah Abang

Kamis, 26 Maret 2020 14:04 WIB
Tim Baznas sedang melakukan penyemprotan disinfektan di Stasiun Tanah Abang. (Foto: ist)
Tim Baznas sedang melakukan penyemprotan disinfektan di Stasiun Tanah Abang. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat. Ini untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) di area transportasi publik.

Baznas menurunkan 9 personel tim Baznas Tanggap Bencana untuk melakukan penyemprotan di Stasiun Tanah Abang. Penyemprotan dilakukan pada area yang ramai masyarakat melintas, seperti peron stasiun, mushola, dan toilet.

Tak hanya disemprot, Tim Baznas juga melakukan pengelapan dengan kain yang telah diberi cairan disinfektan ke bagian area yang sering disentuh oleh masyarakat seperti mesin tap kartu untuk keluar masuk stasiun, pegangan tangga stasiun, dan juga vending machine. 

Baca juga : Maksimalkan Physical Distancing, BNI Alihkan Layanan Sebagian Kantor Cabang

Kepala Program Baznas Tanggap Bencana, Dian Mandana Aditya Putri mengatakan, meski jam operasi sudah dibatasi, saat ini jumlah masyarakat pengguna KRL masih sangat banyak. Stasiun Tanah Abang menjadi salah satu stasiun transit dengan mobilitas masyarakat yang cukup tinggi ditambah lokasinya yang berdekatan langsung dengan pasar.

“Maka dari itu Baznas Tanggap Bencana berinisatif untuk melakukan penyemprotan disinfektan agar masyarakat steril dari penularan Covid-19,” ujarnya di Jakarta, Kamis (26/3).

Selain penyemprotan dan pengelapan, lanjut Dian, Baznas Tanggap Bencana juga melakukan pendistribusian 400 hand sanitizer untuk diberikan kepada para penumpang KRL. “Tak hanya pendistribusian, tim  juga memberikan edukasi singkat bagaimana cara menggunakan hand sanitizer yang baik untuk menjaga kebersihan tangan agar aman dari virus. Baznas Tanggap Bencana akan terus bergerak  melakukan upaya-upaya menekan angka penyebaran virus yang semakin meluas,” ujarnya.

Baca juga : Cegah Penyebaran Covid-19, Pertamina Semprotkan Disinfektan di Area Umum dan Terminal Surabaya

Sebelumnya Tim Baznas Tanggap Bencana juga telah melakukan penyemprotan serupa di beberapa area tansportasi publik, seperti Stasiun Tebet, Stasiun Manggarai, Stasiun Juanda, dan juga Terminal Kampung Melayu.

Sementara itu, Direktur Utama Baznas, M Arifin Purwakananta menambahkan, dalam upaya membantu pencegahan penyebaran corona, Baznas concern pada titik area publik dimana masih banyak aktivitas masyarakat. “Baznas berupaya membantu mereka yang memang tidak bisa melakukan sistem bekerja dari rumah agar tetap terlindungi saat berada di area umum. Semoga langkah kecil kami, bisa memberikan dampak yang berarti dalam mencegah mereka dari penularan Covid-19,” tuturnya.

Terkait dengan penyebaran corona, Baznas telah menggerakkan seluruh lembaga program untuk berperan aktif dalam aksi pencegahan di antaranya adalah pembentukan crisis center bersama lembaga zakat lainnya, pendistribusian Alat Pelindung Diri (APD) untuk tim medis, pengadaan wastafel cuci tangan di area publik, pembersihan karpet mushola dan masjid, serta mengedukasi mustahik agar ikut mengkampanyekan budaya hidup bersih sebagai upaya pencegahan corona. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.