Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cek Pelayanan

Wagub Ariza Tinjau Hotel Isolasi Bagi Pasien Covid-19

Minggu, 4 Oktober 2020 21:12 WIB
Cek Pelayanan Wagub Ariza Tinjau Hotel Isolasi Bagi Pasien Covid-19

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka menekan penyebaran Covid-19, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Satgas Covid-19 telah menetapkan lokasi isolasi terkendali beserta prosedurnya.

Hal itu telah dituangkan melalui Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 979 Tahun 2020 dan Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 980 Tahun 2020.

Lokasi isolasi terkendali itu di antaranya Fasilitas Isolasi Mandiri Kemayoran, hotel, penginapan, atau wisma; dan fasilitas lainnya berupa rumah atau fasilitas pribadi. 

Isolasi terkendali ini diperuntukkan bagi orang terkonfirmasi Covid-19 tanpa gejala (asimptomatik) dan atau bergejala ringan.

Terkait hal tersebut, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, meninjau langsung Hotel Ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square, Pademangan, Jakarta Utara, karena telah difungsikan sebagai salah satu tempat isolasi terkendali pada Minggu(4/10).

Baca juga : Kak Seto Minta Orang Tua Tak Bersikap Seperti Komandan

Tinjauan tersebut dilakukan guna memantau dan memastikan penanganan pasien berjalan dengan baik dan sesuai prosedur yang telah ditetapkan pemerintah.

"Hari ini kami mengecek (hotel) yang bisa dilakukan isolasi terkendali menggantikan isolasi mandiri yang selama ini (dilakukan) di rumah masing-masing pasien tanpa gejala," kata Ahmad Riza Patria yang akrab disapa Ariza.

Pengelola menginfokan ada 205 kamar yang disiapkan, lalu ada 177 kamar yang terpakai. Rata-rata 74 hingga 82 persen terisi dari kamar-kamar yang ada.

"Jadi, kami tentu berterima kasih atas dukungan dan bantuan Pemerintah Pusat, tentang perlunya isolasi terkendali dan kita mendapatkan dukungan penuh," ujar Ariza, seperti dikutip dari Siaran Pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Di samping itu, Ariza juga memastikan para pengelola atau pemilik hotel menyiapkan kebutuhan penanganan pasien sesuai prosedur kesehatan yang sudah diatur.

Baca juga : Pemkot Banjarmasin Gercep Siapkan 5 Strategi Penanganan Corona

Menurutnya, pihak pengelola hotel telah mendapatkan respons positif dari para pasien di sana karena telah melaksanakan pelayanan dan penanganan dengan baik.

"Alhamdulillah respons dari pasien juga sangat baik. Jadi, semua protokol harus dilaksanakan, karena di sini semua diatur, ada zona merah, kuning, dan hijau," terangnya.

"Mudah-mudahan dengan dimulainya isolasi terkendali, kita bisa segera mungkin memutus mata rantai pandemi ini," terangnya.

Sebagaimana diketahui, Pemprov DKI Jakarta tengah menyiapkan lokasi isolasi terkendali yang masuk dalam kategori hotel, penginapan, atau wisma. Yaitu, Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamic Centre), Jakarta Utara; Graha Wisata Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur; dan Graha Wisata Ragunan, Komplek GOR Jaya Raya Ragunan, Jakarta Selatan.

Sementara itu, Pemerintah Pusat juga telah menyiapkan sejumlah fasilitas isolasi, seperti Wisma Atlet dan beberapa hotel, termasuk Hotel Ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square yang ditinjau Wagub.

Baca juga : Begini Aktivitas Relawan Untuk Mendukung Psikososial Anak di Wisma Atlet Kemayoran

"Pemprov DKI dan Pemerintah pusat menyiapkan seluruh keperluan sarana dan prasarana dukungan medis tenaga kesehatan obat-obatan, APD, masker, semua kebutuhan masyarakat Jakarta, jadi, tidak perlu khawatir, kami akan memberikan pelayanan juga penanganan sebaik-baiknya," pungkas Ariza.

Perlu diketahui, dalam tinjauan tersebut, Wagub didampingi Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim; Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara, Yudi Dimyati; dan Manager Hotel Ibis, Irma Riesan, serta Manajer Operasional, Erwin.

Sebelumnya, Satgas Covid-19 (#satgascovid-19) mengampanyekan #ingatpesanibu untuk meredam penularan pandemi virus corona di Indonesia. Ingat Pesan Ibu yang diangkat karena ibu merupakan sosok yang dipatuhi di keluarga, sehingga dinilai tepat untuk terus menggaungkan pesan pakai masker dengan tagar #pakaimasker.

Jaga jarak dengan #jagajarak, dan #jagajarakhindarikerumunan. Ada tagar cuci tangan pakai sabun #cucitanganpakaisabun dan #cucitangan. Ini dilatarbelakangi pencarian cara universal mengkampanyekan gaya hidup sehat. 

Satgas Covid-19 juga menggandeng Band Padi Reborn yang telah meluncurkan lagu pendek berjudul Ingat Pesan Ibu. Lagu berdurasi 30 detik ini mengkampanyekan #pakaimasker, #cucitanganpakaisabun, dan #jagajarakhindarikerumunan dan #jagajarak.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.