Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Muncul Musiman Setiap Tahun

Tunawisma Di Jakarta Nggak Ada Habisnya

Jumat, 8 Januari 2021 10:55 WIB
Ilustrasi sejumlah Tunawisma di Jakarta. (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Ilustrasi sejumlah Tunawisma di Jakarta. (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - DPRD DKI Jakarta menyebut persoalan tunawisma merupakan masalah abadi di Ibukota. Seperti banjir yang selalu terjadi setiap tahun. Masalah tunawisma juga tidak ada habisnya.

Seorang perempuan dewasa dan beberapa anak-anak terlihat duduk-duduk di pinggir Jalan Dahlia, Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Di dekat mereka, ada gerobak kayu yang berisikan kardus.

Saat ada kendaraan yang lewat, mereka menengadahkan tangan berharap dikasihani. Pengemudi kendaraan yang iba, memberikan uang kepada mereka.

Baca juga : Jangan Lupa Bawa Payung, Jakarta Bakal Diguyur Hujan Hari Ini

Pemandangan itu sudah berlangsung lama. Tidak terlihat ada petugas Dinas Sosial Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan bantuan atau menertibkan pengemis di Jalan Dahlia itu.

Belakangan ini, persoalan tunawisma dan pengemis menjadi perhatian. Wakil Ketua DPRD, Zita Anjani menyebut, persoalan tunawisma merupakan masalah abadi di Ibukota.

“Masalah tunawisma itu memang benar ada kok, sama seperti banjir sudah menjadi masalah abadi di Jakarta,” tutur Zita dalam pesan singkat,kemarin.

Baca juga : Pengawasan Kegiatan di Jakarta Diperketat Mulai Pukul 7 Malam

Dia mengatakan, tunawisma di Jakarta bukan hanya orang tua atau orang dewasa saja seperti yang ditemui oleh Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. Tetapi, juga tunawisma anak di Ibukota.

Politisi Partai Amanat Nasional ini meminta, Pemprov DKI Jakarta untuk membuka mata dengan masalah sosial abadi yang ada di Jakarta.

Zita mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Mensos Risma yang blusukan menemui tunawisma di beberapa tempat di Jakarta. Tindakan Risma, menurutnya, mencontohkan tindakan yang baik dari seorang pemimpin yang memberikan tindakan langsung di lapangan.

Baca juga : Malam Tahun Baru, Jakarta Barat Pantau 120 Titik Rawan Keramaian

“Istilahnya pemimpin yang baik itu mencontohkan dengan tindakan. Bu Risma itu tipe pemimpin yang seperti itu. Yang baik perlu kita apresiasi,” kata Zita.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.