Dark/Light Mode

Sudin Jaktim Kerahkan Tujuh Pompa Sedot Genangan Air Di Cipinang

Jumat, 19 Februari 2021 18:13 WIB
Ilustrasi pompa mobile jenis quick dikerahkan sedot genangan air di Cipinang Melayu.
Ilustrasi pompa mobile jenis quick dikerahkan sedot genangan air di Cipinang Melayu.

RM.id  Rakyat Merdeka - Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur (Jaktim) mengerahkan tujuh unit pompa mobile jenis quick respon untuk mengatasi genangan di wilayah Cipinang Melayu, Makasar, Jaktim, Jumat (19/2).

Kasi Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan, tujuh pompa itu sudah dioperasikan sejak pukul 07.30 untuk mempercepat penanganan genangan di wilayah RW 02, 03 dan 04 Cipinang Melayu.

“Sejak tadi pagi sampai siang ini, kita sudah operasikan tujuh unit quick respon. Sekarang lagi diupayakan untuk ditambah tiga lagi. Agar genangan cepat teratasi dengan baik,” kata Gatot.

Baca juga : Buktikan Cinta, Pasutri Rantai Tangan 3 Bulan

Menurutnya, seluruh genangan di pemukiman warga dipompa dan dibuang ke Kalimalang karena kondisi Kali Sunter, saat ini masih tinggi. 

Hasil pemantauan di lapangan, hingga pukul 14.30 genangan mulai surut sekitar 10 sentimeter dari sebelumnya yang ketinggiannya mencapai 50 hingga 150 sentimeter.

Ketua RW 04 Cipinang Melayu, Irwan Kurniadi menjelaskan, di wilayahnya ada enam RT yang tergenang yaitu RT 01, 02, 03, 04, 05 dan 07 dengan jumlah warga yang terdampak ada 745 Kepala Keluarga atau 2.321 jiwa.  

Baca juga : Kepala BPS: Performa Sektor Pertanian Sangat Luar Biasa

Dia menjelaskan, di wilayahnya sudah tersedia enam titik lokasi pengungsian. Yakni di Kolong Tol Becakayu RT 01/04, depan Kampus Akpindo, Jembatan Kuning, depan pos RW 04, kantor pos RW 04 dan di rumah warga RT 08/04.

Dia mengapresiasi respon cepat dan kerja keras petugas gabungan dalam upaya mengatasi genangan di wilayahnya.  

"Petugas gabungan yang cepat turun tangan mengatasi genangan. Mudah-mudahan genangan cepat surut dan warga bisa kembali ke rumahnya masing-masing,” pungkasnya. [FIK]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.