Dark/Light Mode

Peringati Hubungan Bilateral Ke 70 Tahun, Rusia Beri Patung Ke Anies

Rabu, 10 Maret 2021 19:59 WIB
Gubernur DKI Jakarta,  Anies Baswedan bersama Duta Besar Federasi Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva (ketiga kiri)  memperingati hubungan bilateral Indonesia dan Rusia ke 70 tahun di Jakarta. Rabu (9/3)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama Duta Besar Federasi Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva (ketiga kiri) memperingati hubungan bilateral Indonesia dan Rusia ke 70 tahun di Jakarta. Rabu (9/3)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka memperingati hubungan bilateral Indonesia dan Rusia ke 70 tahun, sekaligus persahabatan kota Jakarta dan Moskow, Pemerintah Federasi Rusia memberikan patung Yuri Gagarin, kosmonot pertama yang berhasil keluar angkasa pada tahun 1961 menunggangi wahana penjelajah Vostok.

Patung Yuri Gagarin ini dipasang untuk menghiasi Taman Mataram, di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyambut baik momen perayaan 70 tahun hubungan persahabatan Indonesia-Rusia dan kerja sama Sister City Jakarta-Moskow yang terjalin sejak 2006.

"Patung Yuri Gagarin ini menandai persahabatan ke-70 tahun Indonesia-Rusia, dan persahabatan yang ditandai dengan pertukaran pelajar sejak tahun 1950-an," kata Anies Rabu (9/3).

Baca juga : Satpol PP Gelar Razia Sampai Pagi Dini Hari

Selain itu, Anies menyebutkan tanda tanda dari persahabatan yang telah dibangun oleh kedua negara. Pertama, ada RS Persahabatan Rusia-Indonesia. Kedua Stadion GBK, dan sekarang ada Patung Yuri Gagarin.

"Patung Ini tepat pada 60 tahun sejak kosmonot Rusia, di bawah bendera Uni Soviet pada saat mengelilingi orbit bumi," ungkap Anies.

Anies menjelaskan, persahabatan antara Rusia-Indonesia telah dijalin sejak masa Presiden Soekarno menjabat. Sehingga, nama Sang Proklamator ini juga telah menjadi nama salah satu jalan di Negara berjulukan Negeri Beruang Merah tersebut.

"Jakarta adalah kota internasional, di sini kita membangun hubungan dengan banyak bangsa. Salah satu sahabat baik kita adalah Rusia, "kata Anies.

Baca juga : Penjualan Senjata Ke KKB Pengkhianatan Ke Negara

Sementara itu, Duta Besar Federasi Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva mengapresiasi hubungan baik yang terjalin antara Indonesia dan Rusia selama 70 tahun ini.

Dubes Lyudmila berharap, hubungan kedua negara, khususnya antar Ibu Kota, baik Jakarta maupun Moskow, bisa lebih memperkuat hubungan strategis di berbagai bidang di masa depan.

"Saat ini kita sangat berbahagia dengan merayakan hubungan tersebut secara simbolis dengan penempatan patung Kosmonot Yuri Gagarin di Jakarta. Persahabatan kita bisa lebih erat lagi di masa depan," ujar Dubes Lyudmila.

Wakil Menlu RI, Mahendra Siregar menambahkan, pemerintah RI ke depan berencana meluncurkan hubungan tingkat lanjut antar kedua negara, serta memasuki suatu tahap baru yang lebih tinggi lagi dalam sebuah proses bilateral.

Baca juga : Pakai Sendal Jepit, Risma Beri Bantuan Ke Pengungsi Banjir

"Hal ini masih kita rencanakan dan perlu pembahasan lebih lanjut lagi dengan Pemerintahan Rusia. Hal ini menyangkut menunggu rencana kedatangan Presiden Vladimir Putin dari Rusia untuk mewujudkan hal tersebut," pungkas Mahendra. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.