Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Emil Dardak Sambangi Anies Baswesan

DKI Jakarta Pererat Hubungan Dagang Sama Jatim

Kamis, 3 Juni 2021 19:24 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) bersama Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak memamerkan naskah kerja sama
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) bersama Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak memamerkan naskah kerja sama

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemprov DKI Jakarta bersama Pemprov Jawa Timur melakukan kerja sama pembangunan antar daerah. Kolaborasi ini dibagi dalam tiga bentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS), yakni Kerja Sama Industri dan Perdagangan, Rencana Komunitas Kebutuhan Pangan, serta Pemesanan dan Pembelian senilai Rp 3.925.000.000.

Kerja sama tersebut dilakukan dalam rangkaian kegiatan 'Misi Dagang dan Investasi' untuk meningkatkan jejaring konektivitas antara kedua daerah, di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (3/6).

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, kerja sama ini sangat mendasar dan penting dengan berlandaskan keadilan bagi setiap kalangan, agar semua pihak terpenuhi kesejahteraannya, dan proses kegiatan pasar pun dapat berjalan dengan baik serta efisien.

 "Kami di DKI Jakarta memiliki sekitar 17-18 persen aktivitas perekonomian di Indonesia untuk dikontribusikan ke seluruh Tanah Air. Di sisi lain, kami di Jakarta adalah kota jasa yang memiliki ketergantungan pada komoditi dari luar daerah, khususnya yang menyangkut kebutuhan dasar amat tinggi. Jika dihitung, bisa lebih dari 98% dari pasokan kebutuhan pangan," ujar Gubernur Anies, seperti dikutip dari Siaran Pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga : Selain Prabowo Dan Anies, Paranormal Ini Sebut Ada Perempuan Yang Jadi Capres Di 2024

Berkaca dari penjelasan tersebut, Gubernur Anies menegaskan bahwa di Pemprov DKI Jakarta pun telah terdapat pembagian tugas, yakni SKPD mengelola demand.

Sedangkan BUMD mengelola supply, untuk memastikan ukuran, jumlah, serta lokasinya. Sehingga, distribusi pasokan untuk kebutuhan warga Jakarta lebih optimal dan efisien.

"Artinya apa? Kebutuhan dipercayakan kepada mekanisme pasar, ketika BUMD beroperasi. Kami menginginkan hal ini agar makin hari pasar yang ada di Jakarta makin bisa terpenuhi dengan baik. Lalu, indikasi paling sederhana dari bertemunya pasokan dengan kebutuhan secara baik adalah ketika ada stabilitas harga, ada inflasi yang terkendali, maka dampaknya se-Indonesia," tegas Anies.

Anies menambahkan, bahwa Jawa Timur adalah salah satu daerah produsen kebutuhan pangan di Jakarta. Sehingga kegiatan misi dagang tersebut sangat diapresiasi oleh kedua belah pihak.

Baca juga : LKPP Dorong Pemda Percepat Pengadaan Barang dan Jasa

Ia juga mengharapkan kerja bersama tersebut sangat berguna bagi kedua daerah dengan pasokan dan harga yang sesuai.

"Semoga pertemuan ini manfaatnya bisa dirasakan semua rumah tangga di Jakarta dan Jatim. Jangan lupa, kita bertemu hari ini bukan sekadar keuntungan lebih tinggi, bukan sekadar peluang bisnis lebih besar, tetapi ujungnya adalah menghadirkan keadilan sosial bagi semua yang terlibat di sini," tambah Anies.

Sementara itu, Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur, Emil Dardak, menyampaikan apresiasi atas berlangsungnya kegiatan misi dagang tersebut.

Mengingat, perjanjian ini bukan hanya urusan perdagangan bisnis, tetapi juga terkait hubungan persaudaraan antar kedua daerah.

Baca juga : Puluhan Pekerja Migran Asal Jatim Sembuh

"Kami berterima kasih atas kesempatan ini bisa menjalin persahabatan. Kegiatan ini bisa mempererat hubungan dagang sekaligus persaudaraan. Ini yang terlihat dengan sangat luar biasa. Kalau digabung, sepertiga ekonomi Indonesia itu ada di Jakarta dan Jatim. Maka, semakin erat komunikasinya, Insya Allah semakin baik," ujar Wagub Emil.

Perlu diketahui, kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jawa Timur, Bapak Aliyadi Mustofa; Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, Difi Ahmad Johansyah; Bupati Blitar, Rini Syarifah; Wali Kota Malang, Setiaji; perwakilan Bupati Situbondo; Plt. Askesra Setda Provinsi DKI Jakarta Suharti; Plt. Kepala Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta, Andri Yansyah; serta jajaran pejabat Pemprov DKI Jakarta dan Pemprov Jatim. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.