Dark/Light Mode

Tinjau Tiga Pasar, Anies Pastikan Harga Pangan Stabil dan Prokes Jalan

Sabtu, 8 Mei 2021 22:56 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan saat meninjau Pasar Cengkareng Jaya, Jakarta Barat, Sabtu (8/5). (Foto: Instagram)
Gubernur DKI Anies Baswedan saat meninjau Pasar Cengkareng Jaya, Jakarta Barat, Sabtu (8/5). (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hari ini meninjau tiga pasar. Ketiganya yakni Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, serta Pasar Tomang Barat dan Pasar Cengkareng Jaya, di Jakarta Barat.

Tinjauan yang dilakukan Anies itu untuk memastikan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 dilaksanakan dengan baik di pasar-pasar.

Berita Terkait : Menko PMK: Perlu Siapkan Protokol Pertandingan Sepak Bola dengan Penonton

"Kita sedang memantau suasana di pasar, memastikan bahwa pertama protokol kesehatan dijalankan dengan baik, kami lihat masker juga tertib digunakan. Alhamdulillah, bisa dikatakan sebagian besar menggunakan masker," ujar Anies yang didampingi jajaran Pemprov DKI dan BUMD Pasar Jaya serta Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia, Sabtu (8/5). 

Selain memantau pelaksanaan protokol kesehatan, tinjauan itu juga dilakukan Anies untuk memastikan pasokan pangan aman dan harganya stabil.

Baca Juga : KLHK Optimalkan Penegakan Hukum Pidana Karhutla

"Kalau dari sisi suplainya kita sudah cek sekarang kita lihat di lapangan, bagaimana kondisi harganya. Alhamdulillah ada beberapa jenis komoditi yang harganya meningkat, tapi secara umum harga stabil," tutur mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu.

Di sela-sela tinjauan, Anies sempat beberapa kali ngobrol dan foto bersama dengan para pedagang pasar. Dia juga sempat mengimbau tiga hal kepada warga Jakarta yang ingin ke pasar untuk menyiapkan kebutuhan untuk idul Fitri.

Baca Juga : Komisi Kesehatan DPR Minta Kemenkes Bayarkan Tunggakan Nakes

Pertama, membawa tas sendiri, supaya mengurangi plastik sekali pakai. Kedua selalu pakai masker. Dan ketiga, bila pasar penuh, maka disarankan pindah, mencari tempat yang longgar.

"Sehingga belanjaannya tidak berpotensi terjadi penularan dan Insya Allah bisa lebaran dalam kondisi sehat," tandasnya. [OKT]