Dark/Light Mode

Warga Gunung Putri Harap Waspada

Sungai Cikeas Meluap, 14 Ular Sanca Lepas, 8 Masih Dicari

Minggu, 28 April 2019 06:04 WIB
Salah satu ular sanca yang ditemukan di Vila Mahkota Pesona, Bojong Kulur, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (27/4). (Foto: Twitter @Sutopo_PN)
Salah satu ular sanca yang ditemukan di Vila Mahkota Pesona, Bojong Kulur, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (27/4). (Foto: Twitter @Sutopo_PN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Akibat meluapnya Sungai Cikeas di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 14 ular sanca peliharaan warga dikabarkan lepas. 6 ekor ular sanca sepanjang 4 m, telah ditemukan. 8 ekor ular sanca masih dicari.

Informasi ini disampaikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, lewat akun Twitter @Sutopo_PN, Sabtu (27/4) malam.

Baca juga : Wali Kota Airin Tinjau Banjir Cisadane

"Warga dimohon waspada terkait lepasnya 14 ekor ular sanca peliharaan warga Parungdendek Wanaherang dan Citeureup, akibat meluapnya Sungai Cikeas. Jika menemukan, laporkan kepada petugas/relawan," kata Sutopo.

Sutopo mengimbau, agar warga yang melihat ular tak gegabah menangani sendiri. Apalagi, saat ini kondisinya hujan. berlumpur, dan licin. Petugas pemadam kebakaran diterjunkan untuk mencari ular tersebut. Selain itu, pemilik dan para relawan juga ikut melakukan pencarian. 

Baca juga : Antisipasi Banjir, Gubernur Anies Segera Remajakan Mesin Pompa Air

Setelah ditemukan, ular itu akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat, atau dikembalikan ke pemiliknya. "Dalam prosesnya, juga melibatkan Damkar yang punya keterampilan untuk mencari ular. Kan tidak semua orang berani. Nanti diserahkan ke BKSD. Ada juga yang dikembalikan ke pemilik," ujar Sutopo. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.