Dark/Light Mode

Hanya Untuk Warga Depok

Asrama UI Disulap Jadi Tempat Isolasi Pasien OTG

Rabu, 14 Juli 2021 10:43 WIB
Asrama UI (Foto: Dok. UI)
Asrama UI (Foto: Dok. UI)

 Sebelumnya 
Keterlibatan Asrama Mahasiswa UI ini merupakan bagian dari upaya UI untuk mendukung program pemerintah guna percepatan penanganan Covid-19, khususnya di Kota Depok.

Kepala Unit Kerja Khusus Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (UKKPPM) Makara Hospitality Management (MHM) Wisma Makara UI Erick A Soyer mengatakan, pihaknya berkoordinasi penuh dengan BNPB Pusat, BNPB Kota Depok melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dinas Kesehatan, Pemerintah Kota Depok, serta Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mempersiapkan Asrama Mahasiswa UI sebagai tempat pemulihan atau isolasi mandiri.

Baca juga : Walkot Makassar Mau Sulap Kapal Pelni Jadi Tempat Isolasi

“Sejumlah persiapan dilakukan untuk menyiapkan asrama layak sebagai lokasi isolasi mandiri. Pembersihan dan penyemprotan disinfektan juga akan rutin dilakukan, semasa asrama menjadi lokasi pemulihan atau isolasi mandiri," kata Erick dalam keterangan yang dipublikasikan situs resmi UI, Selasa (13/7).

"Tim kami juga telah dibekali pengetahuan terkait teknis pelayanan bagi pasien Covid-19 selama menginap di asrama. Ada 14 tenaga kesehatan yang terdiri dari 4 dokter, perawat, dan relawan. Seluruh petugas juga dilengkapi alat pelindung diri yang optimal,” imbuhnya.

Baca juga : Gubernur Jambi Permak Eks RS Pertamina Jadi Tempat Isolasi Covid-19

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, drg. Novarita menegaskan Asrama Mahasiwa UI diperuntukkan bagi pasien Covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan. Sama seperti Wisma Makara.

"Pasien Covid-19 harus membawa rekomendasi/rujukan tertulis dari Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas setempat. Kemudian dilakukan skrining awal berupa pengecekan suhu tubuh, saturasi oksigen, dan tekanan darah," tutur Novarita.

Baca juga : Tambah 950 Bed, Asrama Haji Pondok Gede Disulap Jadi RS Covid

Fasilitas isolasi mandiri di Asrama Mahasiswa UI yang dikhususkan untuk warga yang memiliki KTP atau berdomisili di Kota Depok ini tidak memungut biaya, alias gratis.

Pasien Covid-19 akan menjalani isolasi mandiri di Asrama Mahasiswa UI selama 10 hari, sejak tanggal dinyatakan positif Covid-19. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.