Dark/Light Mode

Ustad Arifin Ilham Meninggal Karena Kanker Nasofaring, Bagaimana Mencegahnya?

Kamis, 23 Mei 2019 10:37 WIB
Ustad Arifin Ilham bersama anak dan istri di RS.
Ustad Arifin Ilham bersama anak dan istri di RS.

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah berjuang melawan kanker nasofaring yang dideritanya, Ustad Arifin Ilham tutup usia. Hal itu disampaikan anak sulungnya, Muhammad Alvin Faiz di akun Instagram miliknya. 

Sembari mengunggah foto dirinya dan sang ayah yang sedang berpelukan, ia pun memanjatkan doa untuk kepergian pendiri majelis taklim Adz-Dzikra itu.

“Innalillahiwainnailaihirojiun. Telah wafat Abi kami tercinta Abi @kh_m_arifin_ilham. Semoga Allah terima amal ibadahnya, diampuni segala dosanya, dimasukan ke dalam surganya Allah swt, aamiin,” tulisnya di akun @alvin_441 pada 22 Mei 2019.

Baca juga : KPPS Sakit Juga Dijamin Negara

Seperti  dilancir Tempo.co, Ustad Arifin diketahui tengah berjuang melawan kanker nasofaring yang dideritanya. Ini merupakan kanker yang tumbuh di rongga belakang hidung dan belakang langit-langit rongga mulut.

Lalu, bagaimana upaya kita mencegah kanker jenis ini? Apa penyebabnya? Laman Web MD mengatakan,  kanker nasofaring dimungkinkan oleh gaya hidup yang kurang baik.

Kira-kira, gaya hidup seperti apa yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit serupa? Cancer.org dan Sing Health merangkumnya seperti ini:

Baca juga : Putra Sulung Ustadz Arifin: Jangan Percaya Hoaks

1. Berhenti merokok
Tembakau yang terkandung pada rokok disebut sebagai penyebab utama kanker nasofaring. 

2. Mengkonsumsi Vitamin C
Vitamin C dapat ditemukan dari berbagai jenis sayuran hijau dan buah segar. Mengkonsumsi ini sangatlah disarankan untuk meminimalisir risiko kanker, salah satunya termasuk nasofaring. Apabila tidak memungkinkan untuk mengkonsumsi vitamin C dari sayur dan buah, alternatif lain yang disarankan adalah meminum suplemen dengan kandungan tersebut.

3. Hindari mengkonsumsi ikan asin.
Nasi hangat dan ikan asin, tentu sangat istimewa untuk disantap. Sayangnya, mengkonsumsi ikan asin sudah tidak lagi disarankan oleh para ahli. Sebab, ia dipercaya mengandung senyawa nitrosamin yang merupakan karsinogenik atau senyawa penyebab kanker. Jadi sekarang, ucapkan selamat tinggal untuk ikan asin.

Baca juga : Samsung Minta Maaf Dan Mengaku Lalai

4. Tidak lagi mengkonsumsi minuman keras
Konsumsi alkohol yang terlalu banyak, dapat memicu kanker di daerah kepala hingga leher. Tak terkecuali, kanker nasofaring. Bahkan, sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa mengonsumsi alkohol yang dipadukan dengan merokok, akan membuat pertumbuhan kanker nasofaring 10 tahun lebih cepat. (NOV)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.