Dark/Light Mode

Mulai Besok, Ragunan Dibuka Kembali Untuk Umum

Jumat, 22 Oktober 2021 13:52 WIB
Petugas merayakan ulang tahun jerapah di Taman Margasatwa Ragunan. (Foto: Antara)
Petugas merayakan ulang tahun jerapah di Taman Margasatwa Ragunan. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) akan membuka kembali 15 ruang terbuka hijau (RTH) di wilayahnya untuk masyarakat umum. Salah satunya, Taman Margasatwa Ragunan. Kebijakan ini diambil seiring dengan semakin baiknya penanganan Covid-19 dan penurunan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di DKI Jakarta menjadi level 2.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Pemkot Jaksel Winarto, pembukaan RTH tetap mengedepankan protokol kesehatan. Masyarakat yang berkunjung ke RTH juga diwajibkan menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama.

"Di Jakarta Selatan, ada 15 RTH taman yang siap dibuka dengan persyaratan protokol kesehatan, mulai Sabtu (23/10). Akses pintu masuk dan keluar satu pintu sehingga ada petugas yang mengarahkan," kata Winarto, seperti dikutip Antara, Jumat (23/10).

Ke-15 RTH yang dibuka yakni Taman Margasatwa Ragunan, Taman Puring, Taman Langsat, Taman Ayodya, dan Taman Bumi Perkemahan, Pasar Minggu. Selanjutnya, Hutan Kota Srengseng Sawah, Taman Spathodea, Jagakarsa, Taman Tabebuya, Taman Kebagusan I, Taman Gandaria Tengah, Taman Swadarma, Pesanggrahan, Taman Sriwijaya, TMB Panjang, Kebun Bibit Ciganjur, dan Kebun Bibit Casamora, Jagakarsa.

Wisata menekankan, persyaratan protokol kesehatan yang harus dipatuhi pengunjung guna mengantisipasi Covid-19. "Jumlah pengunjung juga dibatasi maksimal 25 persen dari kapasitas taman," katanya.

Pengunjung berusia di bawah 12 tahun harus didampingi orang tua yang sudah divaksin. "Vaksin minimal dosis pertama," kata dia.

Winarto menambahkan, di setiap taman akan ada penambahan petugas untuk mengawasi protokol kesehatan dan melayani kebutuhan pengunjung. "Kalau sebelum dibuka hanya dua. Sekarang minimal kita tempatkan empat orang untuk menjaga prokes itu," tuturnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.