Dark/Light Mode

Karang Taruna Ciganjur Wakili DKI Di Tingkat Nasional, Purwanto Apresiasi

Sabtu, 6 November 2021 13:01 WIB
Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) Jakarta Selatan Yang juga Anggota DPRD DKI Jakarta, Purwanto. (Foto: ist)
Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) Jakarta Selatan Yang juga Anggota DPRD DKI Jakarta, Purwanto. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Karang Taruna Kelurahan Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, maju mewakili Provinsi DKI Jakarta dalam ajang Karang Taruna Berprestasi Tingkat nasional.

Purwanto yang saat ini sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) Jakarta Selatan, mengapresiasi keberhasilan Karang Taruna Ciganjur tersebut.

“Ada sebuah inovasi yang dimiliki Karang Taruna Ciganjur yang berbeda dengan Karang Taruna lainnya,” ujar pria yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPRD Jakarta, Sabtu (6/11).

Baca juga : Kado Hari Listrik Nasional Ke-76, PLN Terangi 113 Desa Di Wilayah 3T

Menurut Politisi Partai Gerindra ini, Karang Taruna Ciganjur memiliki inovasi, kreasi dan sustainable dalam program-programnya. Mereka juga aktif mendukung vaksinasi dan membantu program-program Pemprov DKI Jakarta di lingkungan. Ini bisa di contoh Karang Taruna.

“Mereka bukan hanya mau menang lomba, mereka ingin membantu lingkungannya. Mereka layak mendapatkan kesempatan dan apresiasi,” 

Ketua Karang Taruna Kelurahan Ciganjur, Reza Fahrizal mengatakan, program yang digagas pihaknya mencakup berbagai bidang. Salah satunya, yakni sebagai wadah dan memfasilitasi usaha ekonomi produktif di tingkat RW.

Baca juga : AHY Menang, Gugatan Jhoni Allen Kembali Kandas Di Tingkat Banding

"Kami ada produk minuman herbal dan bakso aci. Kami juga ada program unggulan untuk mengatasi permasalahan masyarakat, yaitu menciptakan lingkungan kelurahan Ciganjur yang inklusif," ujarnya seperti dikutip Jumat (5/11).

Karang Taruna Ciganjur membuka diri bagi siapapun para pemuda yang ingin bergabung di Karang Taruna tanpa membeda-bedakan,  dengan mengusung Ciganjur yang inklusif.   Sebagai bukti Raditya, anggota Karang Taruna Ciganjur yang memiliki keterbatasan fisik namun tetap mampu berkontribusi untuk masyarakat melalui Karang Taruna.

Selain itu, kata dia, ada program pengabdian ke masyarakat, seperti penyemprotan disinfektan, pembagian suplemen warga yang isoman, dan membantu percepatan vaksinasi. Pihaknya juga menyediakan wifi gratis di 10 titik bagi pelajar untuk Pembelajaran Jarak Jauh.

Baca juga : Bantai Taiwan 3-0, Egy Ngebet Lolos Final Piala Asia

Menurut dia, Karang Taruna Ciganjur siap membantu siapa saja yang membutuhkan. Pihaknya juga telah melatih kadernya paham dan bisa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa isyarat. 

Reza menambahkan, program yang ada tidak terlepas dari kolaborasi apik dan dukungan berbagai pihak. Unsur wilayah disebutnya sangat berperan dalam menciptakan berbagai program unggulan yang belum ditemui di berbagai wilayah. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.