Dark/Light Mode

Waspada, Siang Hingga Malam Sebagian Jakarta Diguyur Hujan Disertai Petir

Senin, 15 November 2021 06:59 WIB
Waspada, Siang Hingga Malam Sebagian Jakarta Diguyur Hujan Disertai Petir

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan Jakarta diguyur hujan sejak siang hingga malam hari, pada Senin (15/11).

Berdasarkan data yang tertera di https://www.bmkg.go.id/cuaca/prakiraan-cuaca-indonesia.bmkg?Prov=07&NamaProv=DKI%20Jakarta, terlihat seluruh wilayah di DKI Jakarta dalam kondisi berawan pada pagi hari.

Pada siang hari, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Utara akan dilanda hujan dengan intensitas sedang, sedangkan untuk Jakarta Selatan dan Timur akan dilanda hujan beserta petir, serta Kepulauan Seribu akan dilanda hujan ringan pada siang hari.

Baca juga : Menkes: Banyak Orang Indonesia PP Ke Malaysia, Penjagaan Harus Diperketat

Memasuki malam, seluruh wilayah DKI Jakarta akan dilanda hujan dengan intensitas ringan. Setelah itu, cuaca akan kembali berawan ketika memasuki dini hari.

Tercatat juga suhu rata-rata per wilayah mencapai 24-31 persen dengan kelembaban udara mencapai 80-100 persen.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan tiga "kata kunci" sebagai langkah antisipasi untuk menghadapi potensi bencana akibat La Nina.

Baca juga : Sandiaga Uno Ajak Insinyur Majukan Sektor Parekraf

La Nina adalah fenomena alam yang menyebabkan udara terasa lebih dingin atau mengalami curah hujan lebih tinggi.

Pertama, yakni siaga, petugas harus sudah memikirkan langkah antisipasi untuk menyelamatkan serta memetakan lokasi yang aman.

Kedua,  apabila BMKG mengumumkan akan terjadi hujan lokal hebat, maka setelah siaga Jakarta harus tanggap, artinya harus ada respons cepat yang dilakukan saat mulai terjadi banjir. Yang terakhir, harus galang seluruh kekuatan ketika berhadapan dengan banjir. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.