Dark/Light Mode

Corona Jinak

Saatnya, Ekonomi Menuju Ke Puncak

Sabtu, 20 November 2021 08:10 WIB
Presiden Jokowi saat berbicara pada Kompas100 CEO Forum 2021, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/11/2021). (Foto: Biro Pers)
Presiden Jokowi saat berbicara pada Kompas100 CEO Forum 2021, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/11/2021). (Foto: Biro Pers)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kasus Covid-19 di Indonesia terus menurun dan stabil. Mobilitas masyarakat dan perdagangan pun mulai berlangsung normal. Dengan capaian itu, sudah saatnya ekonomi kembali menuju puncak.

Optimisme terhadap pemulihan ekonomi disampaikan Presiden Jokowi saat berbicara di Kompas100 CEO Forum 2021, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/11).

Baca juga : Lawan Persib, Saatnya Persija Merangkak Ke Papan Atas

Optimisme Jokowi terhadap pemulihan ekonomi sangat besar. Bahkan, kata Jokowi, saatnya ekonomi menuju puncak.

“Kalau kita lihat, kita bisa mengendalikan Covid-19. Pegang betul Covid-19. Ekonominya insyaallah akan merangkak naik dan indikator itu sekarang kelihatan,” kata Jokowi.

Baca juga : Dipuji-puji Luhut, Anies Gembira

Di sisi produksi, kata dia, perbaikan terlihat pada indeks keyakinan konsumen (IKK) serta indeks ritel dan penjualan. Adapun IKK sudah kembali ke posisi sebelum pandemi di angka 113,4. Retail and Sales Index (RSI) juga menguat seiring dengan peningkatan mobilitas di angka 5,2 persen.

Peningkatan juga terlihat dari sisi produksi yang disebabkan oleh meningkatnya permintaan dari konsumen. Baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Baca juga : Wapres Minta Rakyat Melek Ekonomi Dan Keuangan Syariah

Purchasing Managers Index (PMI) Manufaktur juga sudah melampaui dari sebelum pandemi. Sebelum pandemi saya ingat 51. Sekarang sudah berada di angka 57,2. “Artinya apa? Manufaktur sudah berproduksi. Kenapa berproduksi? Karena konsumen meminta, ada demand di situ,” urai Jokowi.

Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, pemerintah juga terus membangun sejumlah infrastruktur. Mulai dari bandar udara baik baru maupun perluasan, pelabuhan, hingga bendungan. Jokowi telah meminta kepada para kepala daerah untuk menghubungkan infrastruktur yang telah dibangun dengan kawasan-kawasan ekonomi di sekitar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.