Dark/Light Mode

Ichsan Firdaus: Ispikani Punya Jasa Besar Dalam Lahirnya KKP

Jumat, 26 November 2021 19:42 WIB
Ketua umum PP Ispikani Ichsan Firdaus. (Foto: Ist)
Ketua umum PP Ispikani Ichsan Firdaus. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia (PP Ispikani) menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis). Forum yang dihadiri oleh para pengurus dan ketua cabang Ispikani seluruh Indonesia itu digelar di Hotel Salak, Bogor, selama dua hari, sejak hari ini, Jumat (26/11) hingga besok, Sabtu (27/11).

Dalam sambutannya, Ketua umum PP Ispikani Ichsan Firdaus berharap, rakernis kali ini bisa membangun sinergitas antara pengurus pusat dengan pengurus cabang yang tersebar hampir di seluruh daerah di Indonesia. Termasuk, menerima banyak masukan dari kalangan dewan pakar Ispikani.

"Sinergitas dan kolaborasi pengurus pusat dan cabang di daerah harus terus dibangun. Termasuk juga dengan kalangan dewan pakar," ujar Ichsan, Jumat (26/11).

Baca juga : Bamsoet Ingatkan Pentingnya Belajar Dari Sejarah

Dia menuturkan, Ispikani memiliki jasa yang tidak sedikit dalam pembentukan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Ispikani sudah berdiri sejak 12 Mei 1984. Sementara embrio KKP, baru hadir pasca-reformasi pada era Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

"Saat itu namanya Departemen Eksplorasi Laut, yang dipimpin oleh Sarwono Kusumaatmadja, kemudian berubah menjadi Kementerian Kelautan Perikanan saat era Presiden Megawati dan menterinya Rokhmin Dahuri," bebernya.

Baca juga : Surutnya Telat, Ributnya Cepat

Menurut Ichsan, saat era 80-90-an awal, mahasiswa perikanan seperti warga kelas dua. Sebab, lulusan mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) belum jelas akan masuk dalam departemen mana. Maklum, pada era Orde Baru, baru belum ada departemen atau kementerian perikanan dan kelautan.

"Senior-senior Ispikani saat itu berjuang hampir 10 tahun lebih mendesak pemerintah agar punya kementerian yang khusus mengurusi perikanan dan kelauatan, hingga berhasil dan lahirlah saat itu Departemen Eksplorasi Laut," ujar anggota Komisi IV DPR itu.

Karena itu, lanjutnya, perjuangan Ispikani harus terus berlanjut. Sebab cita-cita besar organisasi keprofesian ini adalah menjadikan sektor perikanan dan kelautan sebagai sektor utama penggerak ekonomi nasional.

Baca juga : Dubes Jenkins: Indonesia Punya Peran Besar Untuk Dimainkan

"Kami di Ispikani akan terus memberikan kontribusi pemikiran terhadap kemajuan pembangunan perikanan di Indonesia. Wadah ini lahir sebagai bentuk menggalang potensi segenap sarjana perikanan guna menjadi penggerak pembangunan nasional," tutur Ichsan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.