Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

3 Pekan Banjir Sintang

Surutnya Telat, Ributnya Cepat

Minggu, 14 November 2021 07:37 WIB
Banjir 3 pekan di Sintang, Kalbar. (ANTARA FOTO/JANE ELISABETH WUYSANG).
Banjir 3 pekan di Sintang, Kalbar. (ANTARA FOTO/JANE ELISABETH WUYSANG).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sampai kemarin, banjir di Sintang, Kalimantan Barat, belum juga surut. Padahal, air sudah menggenangi daerah tersebut sejak tiga pekan lalu. Bukan bersatu membantu, politisi kita malah saling menyalahkan. Banjir Sintang, surutnya telat, ributnya cepat.

Bencana itu menggenangi 12 kecamatan. Sekitar 35 ribu rumah terendam, dan lebih dari 140 ribu masyarakat terdampak. ketinggian banjir bervariasi, ada yang selutut orang dewasa, ada juga yang sampai 2-3 meter.

Fasilitas umum seperti jembatan banyak yang rusak. Listrik dan internet pun tak bisa dialiri di daerah tersebut. Banjir ini juga menelan tiga korban jiwa.

Baca juga : Ada Klaster PTM, Ganjar Minta Sekolah Tetap Jaga Prokes

Akibat banjir yang tak kunjung surut, Pemerintah Kabupaten Sintang memperpanjang masa tanggap darurat bencana banjir di wilayahnya selama 30 hari. Terhitung mulai 13 Oktober sampai 16 November 2021.

Yang menyedihkan, bukannya bersatu membantu, politisi kita justru ribut saling menyalahkan soal banjir Sintang. Keributan bermula ketika politisi Gerindra, Fadli Zon menyindir, Presiden Jokowi yang lebih memilih menjajal Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, dibanding menjenguk korban banjir Sintang.

“Luar biasa Pak. Selamat peresmian Sirkuit Mandalika. Tinggal kapan ke Sintang, sudah 3 minggu banjir belum surut,” cuit Fadli di akun Twitter pribadinya @fadlizon, Jumat (12/11).

Baca juga : FIFGROUP Poles Taman Cahaya Madani, Singkawang Kini Makin Cantik

Cuitan Fadli pun langsung viral. Hingga tadi malam cuitannya sudah di like 4 ribu orang dan di retweet seribu orang. Sedangkan yang komentar ada 809 orang. Isinya macam-macam. Ada yang mendukung ada juga yang menyindirinya.

Tak terima kadernya disinggung, PDIP bereaksi. Parpol berlambang banteng itu lantas mengekspos kader dan menterinya turun ke lapangan membantu warga terdampak.

Misalnya dalam foto dan video yang dibagikan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, terlihat sejumlah kader PDIP mengenakan pakaian berwarna merah membagikan paket bantuan kepada warga Sintang. Pembagian paket bantuan ini menggunakan truk dan perahu. “Itu bukti-bukti PDIP turun ke Sintang,” tegas Hasto.

Baca juga : KPK Tetapkan Adik Eks Bupati Lampung Utara Tersangka Korupsi

Hasto lalu menceritakan, Jokowi sudah memerintahkan Menteri Sosial Tri Rismaharini terjun langsung ke Sintang membagikan bantuan kepada warga. Dari video yang disebar Hasto, tampak Risma bersama warga turun langsung di tengah banjir.

“Bu Risma dan Lazarus, Ketua DPD PDIP, langsung turun saat bencana. Fadli Zon ke mana?” kata Hasto, menyindir balik Fadli.

Menurut Hasto, Lazarus sudah berhari-hari di Kalbar untuk membantu masyarakat Sintang. “Sementara itu, Pak Fadli Zon hanya memberikan kritik tanpa perbuatan nyata,” cecar Hasto.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.