Dark/Light Mode

PIDI 4.0 Diluncurkan

Top, Ide Airlangga Dukung Digitalitasi

Jumat, 3 Desember 2021 06:40 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah) bersama
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (kedua kanan) saat peluncuran Pusat Industri Digital Indonesia (PIDI ) 4.0 di Jakarta, 2 Desember 2021. (Foto:
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah) bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (kedua kanan) saat peluncuran Pusat Industri Digital Indonesia (PIDI ) 4.0 di Jakarta, 2 Desember 2021. (Foto:

 Sebelumnya 
PIDI 4.0 merupakan show­case untuk menunjukkan bagaimana teknologi dapat menciptakan efisiensi dan peningkatan produktivitas pada lini produksi.

Showcase ini secara khusus diarahkan untuk industri maka­nan dan minuman serta otomotif dari industri tier 1 di Indonesia,” ujar Agus.

Baca juga : Telkom Dukung UMKM Naik Kelas Dengan Digitalisasi

Kedua, capability building. PIDI 4,0 merupakan sarana peningkatan kompetensi bagi top level managemen, manager, engineer dan pekerja dari industri.

Ketiga, ekosistem. PIDI 4.0 membangun dan menyediakan akses ke jaringan eksklusif eko­sistem Industri 4.0. Termasuk ke rintisan kerja sama untuk ekosistem Industri 4.0 yang melibatkan institusi dari dalam dan luar negeri.

Baca juga : Andrea Dian, Pacaran Tiga Bulan Langsung Dilamar

Mulai dari industri user, tech­nology provider, service pro­vider, akselerator, institusi pen­didikan dan lembaga penelitian dan pengembangan.

Keempat, delivery center. PIDI 4.0 memberikan pendampingan bagi perusahaan dalam proses transformasi. Dari tahap discover hingga tahap pengem­bangan (scale up) melalui layanan field and forum. Serta, portal Do It Yourself (DIY) untuk untuk self help bagi perusahaan.

Baca juga : AltiusPeople Dan Accurate Indonesia Kolobarasi Digitalisasi UMKM

Kelima, engineering dan AI (Artificial Intelligent) Center. PIDI 4.0 menyelenggarakan dua kegiatan utama yang terkait, yaitu research brokerage dan testbed. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.