Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bawa Logistik Dan Tenaga Medis

Gempari Terjun Ke Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

Senin, 6 Desember 2021 09:23 WIB
Ketua Umum Gempari Patrika S Andi Paturusi (ketiga kiri) bersama pengurus Gempari sebelum berangkat ke lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru. (ist)
Ketua Umum Gempari Patrika S Andi Paturusi (ketiga kiri) bersama pengurus Gempari sebelum berangkat ke lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru. (ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gerakan Masyarakat Peduli Anak dan Remaja Indonesia (Gempari) siap terjun langsung ke lokasi bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur (Jatim).

Rombongan pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gempari berencana ke lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru dengan menempuh jalur darat, hari ini, Senin (6/12/2021).

Gempari membawa bantuan logistik dan berencana memberikan layanan medis gratis di lokasi wilayah terdampak.

"Sementara bantuan yang kami bawa bantuan darurat, seperti sembako, pampers, masker, mainan, baju dan buku anak. Ada tenaga medis juga yang ikut," tutur Ketua Umum Gempari Patrika S Andi Paturusi (Anggie) dalam percakapan whatsApp dengan RM.id, Senin (6/7).

Anggie mengajak kita semua mendoakan warga di Lumajang dan sekitarnya yang terkena dampak erupsi Gunung Semeru.

"Kita doakan semoga Allah SWT memberi kesabaran dan ketegaran bagi saudara-saudara kita di Lumajang agar bisa melewati bencana ini," katanya.

Baca juga : Wapres Minta Jajarannya Gerak Cepat Atasi Dampak Letusan Semeru

Gempari juga siap memberikan layanan trauma healing kepada anak-anak di lokasi terdampak erupsi Semeru.

"Mohon doanya semoga perjalanan dan kegiatan kami di sana juga bisa berjalan lancar," kata Anggie yang juga Ketua DPP PPP Bidang Sosial.

Menurutnya, kedepan, edukasi tentang kebencanaan kepada masyarakat juga penting. Terlebih pada wilayah yang tergolong rawan bencana.

"Kami berharap ke depan edukasi tentang kebencanaan terus disosialisasikan kepada masyarakat di lokasi rawan bencana. Langkah ini penting agar masyarakat tidak panik saat terjadi bencana," imbuhnya.

1.300 Warga Mengungsi

Dari Istana Negara Jakarta, Presiden Jokowi sudah memerintahkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Basarnas, menteri terkait, Panglima TNI, Kapolri, Gubernur Jawa Timur, dan Bupati Lumajang untuk melakukan tanggap darurat secepat mungkin di lokasi bencana.

Baca juga : TNI AU Kerahkan Puluhan Prajurit Dan Alutista, Bantu Masyarakat Terdampak Erupsi Semeru

Presiden meminta semua pihak bergerak cepat melakukan langkah-langkah tanggap darurat bagi korban Gunung Semeru. Presiden juga telah menerima laporan dan terus memonitor situasi dari waktu ke waktu.

Penanganan dampak bencana yang harus dikerjakan cepat meliputi pencarian dan penemuan korban, pemberian perawatan kepada warga yang luka-luka, penyediaan logistik kebutuhan dasar pengungsi serta perbaikan infrastruktur.

“Mencari dan menemukan korban, memberikan perawatan kepada yang luka-luka serta melakukan penanganan dampak bencana. Bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan dasar pengungsi serta perbaikan infrastruktur harus dapat diselesaikan dalam waktu singkat,” ujar Jokowi, dikutip dari akun media sosialnya, kemarin.

Sejak kemarin, satu persatu pejabat pusat juga sudah mulai berdatangan. Mereka yang datang misalnya Kepala BNPB Letjen Suharyanto, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar parawansa, dan lainnya.

Kedatangan para pejabat ini sedikit banyak menenangkan warga. Proses pencarian lebih terorganisir dan bantuan yang datang lebih banyak.

Sampai tadi malam, dilaporkan ada 1.300 warga mengungsi. Sementara itu, korban yang meninggal berjumlah 14 orang. Sebanyak 800 lainnya mengalami luka bakar berat dan ringan akibat terkena awan panas.

Baca juga : Evakuasi Warga, Khofifah: Insya Allah Malam Ini Ke Lokasi Erupsi Semeru

Kepala BNPB, Letjen Suharyanto memastikan, tim masih terus melakukan pencarian.

“Korban masih kita cari terus, kita kerahkan kemampuan yang ada,” kata Suharyanto, dalam Konferensi Pers bersama Panglima TNI di Stadion Pasirian, Lumajang, kemarin. [FAZ]

 

[FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.