Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kelola Sampah Di Sungai, Pemkot Bekasi Kerahkan Perahu See Hamster

Selasa, 16 November 2021 06:35 WIB
Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono meresmikan fasilitas pemilahan sampah dan perahu See Hamster pembersih sungai buatan Jerman, di Kali Bekasi, Jawa Barat pada Senin (15/11).
Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono meresmikan fasilitas pemilahan sampah dan perahu See Hamster pembersih sungai buatan Jerman, di Kali Bekasi, Jawa Barat pada Senin (15/11).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kota Bekasi (Pemkot Bekasi) bersama Waste4Change meresmikan fasilitas pemilahan sampah dan perahu See Hamster pembersih sungai buatan Jerman, di Kali Bekasi, Jawa Barat.

Perahu pembersih sungai See Hamster itu bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan sampah dari kali Kota Bekasi dengan cara mengumpulkan, memilah, dan mendaur ulang sampah yang ada.

“Dengan program BRIC ini, saya optimis bisa membersihkan sampah di sungai Bekasi. Inisiatif dan kegiatan seperti ini perlu diangkat ke skala nasional. Keterlibatan dan kolaborasi tidak cukup hanya dari komunitas lokal Pemerintah Daerah, namun perlu juga pemerintah pusat, agar penyelesaian lebih cepat,” kata Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono saat meresmikan fasilitas pemilahan sampah dan perahu See Hamster pembersih sungai buatan Jerman, di Kali Bekasi, Jawa Barat,Senin (15/11). 

Tri yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi ini mengajak seluruh elemen bangsa mengambil peran untuk ikut serta menjaga sungai Bekasi dari hulu sampai hilir. 

“Kegiatan luar biasa ini berawal dari Bekasi dan bisa dikembangkan ke daerah dan sungai lainnya,” ungkapnya.

Baca juga : Digempur Fitnah, Erick Thohir Dinilai Tetap Berhasil Jalankan Tugas

Acara ini merupakan lanjutan dari peresmian kapal See Hamster sebelumnya yang diluncurkan pada Februari 2021 lalu.

Kini, tiga perahu See Hamster inovatif yang resmi beroperasi di Kali Bekasi memiliki mekanisme yang berbeda. See Hamster pertama memiliki ramp yang berfungsi untuk menarik sampah dari badan air dan batas sungai. 

See Hamster kedua dilengkapi dengan keranjang yang dapat naik-turun dan berfungsi untuk menahan serta mengumpulkan sampah saat perahu berjalan. See Hamster ketiga memiliki conveyor belt yang dapat menarik sampah secara otomatis dari badan air. 

Ketiga perahu See Hamster bekerja secara sinergis dan saling melengkapi. Semua perahu berjalan dengan daya panel surya sehingga menjadi sistem yang ramah lingkungan dan bebas emisi karbon. 

Perahu-perahu See Hamster ini memiliki kapasitas pengumpulan 50 - 300 kg sampah per hari, dan nantinya diharapkan dapat mengurangi jumlah timbulan sampah di sungai.

Baca juga : Operasikan Kapal Secara Digital, Pertamina Trans Kontinental Terapkan Sistem TCMS

“Saya sangat senang bahwa kami sekarang telah menyelesaikan persiapan project yang unik ini bersama-sama. Unik karena saat ini tidak ada proyek pembersihan sungai limbah plastik lain yang nol karbon di dunia: perahu dengan motor listrik dan conveyor, semuanya ditenagai oleh energi surya,” Project Manager BRIC, Frank.

Perihal tercapainya peluncuran ketiga kapal See Hamster, Frank menambahkan, Project BRIC ini benar-benar diwujudkan dari ikatan persahabatan antara seluruh mitra kegiatan dan masyarakat.

“Hanya melalui kerja sama dan kepercayaan kami dapat meluncurkan Project BRIC – terlepas dari semua kesulitan dan penundaan dikarenakan pandemi COVID-19,” tuturnya.

Selain bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bekasi, program ini juga turut menggandeng pihak-pihak yang berkompeten, yaitu Schwarz Group, One Earth One Ocean (OEOO), Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi, serta Pasukan Katak.

“Saya berterima kasih pada Pemerintah Kota Bekasi, warga Delta Pekayon Bekasi, dan One Earth One Ocean atas inisiatif dan kerja samanya dalam peluncuran perahu See Hamster pagi ini. Peluncuran kapal ini merupakan hasil keprihatinan kita bersama terhadap sampah di sungai Kali Bekasi,” ucapnya. 

Baca juga : Jamin Keandalan Listrik Di Sirkuit Mandalika, PLN Kerahkan 103 Personel

Senada dengan Wakil Walikota Bekasi, Mohamad Bijaksana Junerosano, Founder dan Managing Director Waste4Change, sampah membutuhkan tanggung jawab semua pihak.

“Kami harap bentuk kerja sama dengan Pemkot Bekasi kali ini dapat membuka kesempatan untuk pemerintah di berbagai daerah dalam pengelolaan sampah Indonesia yang lebih bertanggung jawab,” tutupnya. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.