Dark/Light Mode

Manfaatkan Peluang Di Tengah Pandemi

BPKw Gelar Pelatihan Berkebun Di Halaman Rumah

Sabtu, 25 September 2021 16:17 WIB
Berkebun di halaman rumah/ilustrasi (Foto: Istimewa)
Berkebun di halaman rumah/ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Balai Pendidikan Kewanitaan RIA Pembangunan (BPKw RP), yang dipayungi Yayasan Karya Bhakti RIA Pembangunan (YKBRP), memaknai hidup di masa pandemi sebagai peluang untuk lebih sehat dengan cara kreatif yang murah dan mudah. Ketua BPKw Erna Sambuaga mengatakan, misi BPKw adalah berkontribusi kepada masyarakat umum dalam bentuk pelatihan-pelatihan praktis yang langsung dapat diimplementasikan dan dapat menghasilkan tidak saja nilai ekonomi tetapi juga rasa bahagia, baik bagi peserta sendiri maupun keluarga.

Sebagai contoh, adalah program Zoominar 'Berkebun di Halaman Rumah'. Program yang bekerja sama dengan Haryono Suyono Center (HSC) ini dibawakan oleh fasilitator Fajar Wiryono yang mendalami tanaman pangan organik.

Zoominar diikuti 110 peserta yang berasal dari Jabodetabek, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Lampung, Bangka, Padang, Manado, bahkan dari Singapura. Antusiasme peserta sangat luar biasa yang terekspresikan dari banyaknya pertanyaan yang diajukan.

Ketua Umum YKBRP Efin Soehada mengatakan, program zoominar ini membuktikan bahwa teknologi komunikasi mempunyai kemampuan siar luar biasa dalam menyebarkan pengetahuan dan kebaikan. Teknologi komunikasi mampu menembus batas wilayah secara real time dan dengan cara mudah, sepanjang jaringan komunikasi tersedia dan berfungsi baik.

"Beberapa waktu sebelum pandemi, kita tidak pernah terpikirkan akan adanya revolusi dalam cara kita berkomunikasi sekaligus dengan banyak peserta, baik dari daerah kita sendiri, apalagi dari belahan bumi mana pun," ucapnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Sabtu (25/9).


Efin menambahkan, program berbagi ilmu Berkebun di Halaman Rumah merupakan salah satu contoh berbagi pengetahuan praktis awal tentang menanam tanaman pangan sehat, tanpa bahan kimia sedikit pun. Penyebaran informasi dan pengetahuan menjadi mudah. Masyarakat dunia menjadi terbiasa dengan cara berkomunikasi yang efisien dan efektif ini, gara-gara ada pandemi.

"BPKw sangat berterima kasih kepada seluruh peserta yang telah dengan antusiasme tinggi mengikuti dengan seksama paparan," Fajar,  yang diasisteni Ria Indrastuty yang juga Sekretaris PAUD - BPKw.

Pelatihan lanjutan Berkebun akan segera digelar. Seluruh peserta terkoneksi dalam wadah WAG, sehingga hambatan berkomunikasi tereliminasi. "Terus bersemangat menimba pengetahuan baru. Salam sehat selalu," tutupnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.