Dark/Light Mode

Tanggap Bencana Semeru, Ganjar Dinilai Cerminkan Wajah Indonesia

Jumat, 10 Desember 2021 01:52 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Instagram)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Hal senada disampaikan Pakar Sosial Universitas Katolik (Unika) Soegidjapranata Semarang, Hermawan Pancasiwi. Menurut dia, aksi Ganjar memberikan bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru murni aksi solidaritas dan kemanusiaan.

"Terlepas apakah orang mengaitkan ini pencitraan, itu terserah. Karena setiap orang Indonesia itu punya hak dan kewajiban untuk membantu saudara-saudara yang menderita. Mari kita lihat secara sederhana dan positif, bahwa ini betul-betul aksi kemanusiaan," tuturnya.

Baca juga : Penuhi Asupan Makan Pengungsi Semeru, Sahabat Ganjar Dibantu Kaum Emak-Emak Jatim

Dia mengapresiasi langkah cepat Ganjar membantu korban erupsi Semeru. Menurutnya, tolong menolong dan gotong royong adalah nilai-nilai kebangsaan Indonesia.

"Ini semangat otentik asli Indonesia. Apa yang dilakukan pak Ganjar itu kita harus apresiasi. Apalagi, Jatim dan Jateng itu tetangga. Sudah seharusnya kita saling tolong menolong. Jateng juga punya gunung berapi, kalau meletus maka daerah lain juga akan datang membantu," bebernya. 

Baca juga : SDM Unggul Dan Literasi Sejak Dini Kunci Indonesia Maju

Sebelumnya, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengirimkan bantuan logistik senilai Rp 934 juta dan 50 relawan ke Jatim. Logistik dan relawan itu dikirimkan Ganjar untuk membantu penanganan bencana erupsi Gunung Semeru.

Aksi Ganjar memberikan bantuan kebencanaan ke daerah lain bukan kali ini saja. Sebelumnya, Ganjar juga kerap mengirimkan bantuan ke sejumlah daerah, seperti bencana gempa dan tsunami di Palu, banjir Jabodetabek, banjir bandang NTT dan lain sebagainya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.