Dark/Light Mode

Survei Indopol, Prabowo Dan Ganjar Masih Bersaing Ketat

Senin, 13 Desember 2021 14:14 WIB
Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei elektabilitas yang digelar Indopol Survey and Consulting menunjukkan, tingkat elektabilitas Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) 2024 menempel Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dengan angka 13,98 persen.

Keduanya mempunyai elektabilitas yang sama dalam konteks top of mind atau pertanyaan terbuka terkait tokoh nasional yang layak sebagai presiden pada 2024.

"Siapakah tokoh nasional yang layak untuk menjadi pemimpin di Indonesia (presiden) 2024? Ganjar Pranowo 13,98 persen, Prabowo Subianto 13,98 persen," ujar Direktur Eksekutif Indopol Ratno Sulistiyanto dalam siaran pers, Senin (13/12).

Baca juga : Ini Resep Pupuk Indonesia Bersaing Dengan Swasta

Di bawah keduanya, ada Anies Baswedan (13,58 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (5,37 persen), dan Sandiaga Uno (5,28 persen). Ada juga nama lain seperti Ridwan Kamil, Basuki Tjahaja Purnama, Puan, Erick Thohir, yang elektabilitasnya ada di bawah kelima nama di atas.

Sementara dalam pertanyaan semi terbuka, elektabilitas Prabowo tercatat 17,24 persen, sedikit di atas Ganjar, 17,15 persen. "Jadi publik berharap yang memimpin dua latar belakang itu, mengkonfirmasi nilai-nilai elektabilitas Ganjar sudah mulai naik," tuturnya.

Dalam segmen ini, Anies kembali menduduki posisi ke-3 dengan perolehan 5,37 persen, AHY 5,27 persen, dan Sandiaga 5,28 persen.

Baca juga : Dirut Pupuk Indonesia, Mie Celor Dan Nostalgia Masa Kecil

Kemudian, dari sisi popularitas dari para tokoh itu, Prabowo juga memiliki popularitas tertinggi (91,30 persen) dengan tingkat kedisukaan publik sebesar 72,28 persen. Sementara Ganjar berada di posisi kedua (74,07 persen) dengan tingkat kedisukaan publik sebesar 62,03 persen.

Posisi ketiga masih ditempati Anies dengan popularitas 84,31 persen dan tingkat kedisukaan sebesar 66,83 persen. Posisi keempat, AHY dengan tingkat popularitas sebesar 69,59 persen, tingkat kedisukaan sebesar 49,59 persen. 

Dan posisi kelima juga masih ditempati Sandiaga dengan popularitas sebesar 86 persen dan tingkat kedisukaan sebesar 73,17 persen.

Baca juga : Sambut Seabad NU, Forum Satu Bangsa Ajak Nahdliyin Bersatu

Ratno mengatakan, politik branding seorang politisi memang sangat melekat dengan jabatan publik yang dia emban. Menurutnya, elektabilita Prabowo akan berbeda antara saat ia sedang menjabat sebagai menteri dan tidak. Hal ini juga berlaku terhadap Ganjar.

Survei ini dilakukan dengan responden sebanyak 1.230 orang di seluruh provinsi di Indonesia, dengan margin error kurang lebih 2,8 persen. Wawancara responden dilakukan pada 19-27 November 2021. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.