Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Prabowo Belum Terkalahkan

Ganjar Dianggap The Next Jokowi

Senin, 6 Desember 2021 07:30 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Posisi Prabowo Subianto sebagai kandidat Capres 2024 semakin kokoh. Dalam survei terbaru yang digelar Indikator Politik Indonesia (IPI), Ketua Umum Partai Gerindra itu, tetap berada di puncak. Namun, Prabowo harus mewaspadai Ganjar Pranowo. Sebab, para pemilih menganggap, Gubernur Jawa Tengah itu sebagai the next Jokowi.

Dalam survei tersebut, Prabowo hanya kalah dari Presiden Jokowi. Ya, meskipun Jokowi sudah berulang kali bilang ogah 3 periode, mayoritas responden secara spontan memilih mantan Gubernur DKI Jakarta itu sebagai presiden, jika pilpres digelar saat survei berlangsung. Elektabilitas Jokowi mencapai 19,6 persen. Sementara Prabowo 14,0 persen, Ganjar 7,9 persen, dan Anies Baswedan 6,7 persen. Elektabilitas 31 nama lainnya di bawah 2 persen.

Baca juga : Ini 6 Pemain Persib Yang Belum Pernah Turun Sepanjang Liga 1

Direktur Eksekutif IPI, Burhanuddin Muhtadi memastikan, survei lembaganya kali ini dilakukan dengan metodologi sangat powerfull. Sebab, wawancara dilakukan secara tatap muka, bukan by phone.

Responden yang disasar dari survei ini adalah populasi umum, usia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Metodenya menggunakan multistage random sampling dengan total 2.020 responden dari seluruh provinsi secara proporsional, yang digelar antara 2-6 November 2021. Toleransi kesalahannya sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga : DPD BaraJP Banten Pastikan Setia Dalam Garis Komando Jokowi

“Kalau top of mind, Pak Jokowi peringkat pertama. Masih ada hampir 20 persen warga yang menyebut Pak Jokowi sebagai capres yang akan mereka pilih jika pemilu diadakan hari ini,” papar Burhanuddin, dalam rilis hasil surveinya, secara virtual, kemarin.

Setelah nama Jokowi dikeluarkan dari survei, barulah Prabowo berada di urutan pertama. Elektabilitasnya menembus angka 23,7 persen. Sementara Ganjar di posisi kedua, elektabilitasnya juga naik ke angka 20,9 persen. Anies berada di posisi ketiga dengan 15,1 persen. Sisanya, di bawah 6 persen.

Baca juga : Wacana Prabowo-Puan Buka Peluang Ganjar-Sandiaga Jadi Paslon Capres-Cawapres 2024

Kenapa elektabilitas Ganjar naik pesat dan hanya berselisih tipis dengan Prabowo? Menurut Burhan, sebagian pemilih Jokowi lari ke Ganjar. “Pemilih Pak Jokowi sebagian besar lari ke Ganjar. Meskipun selisihnya tidak jauh dengan peringkat pertama, Pak Prabowo,” nilainya.

Melihat temuan survei itu, Ketua Umum relawan Jokowi Mania (Joman) Immanuel Ebenezer optimis Ganjar bakal segera menyalip Prabowo dan menjadi The Next Jokowi. Meskipun secara elektabilitas masih jauh di bawah Jokowi ketika Pilpres 2014.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.