Dark/Light Mode

PLN Pulihkan Infrastruktur

29 Ribu Pelanggan Terdampak Erupsi Semeru Kembali Nikmati Listrik

Selasa, 14 Desember 2021 13:37 WIB
Ilustrasi : Lokasi erupsi gunung Semeru. Hingga Senin (13/12), total sebanyak 29.908 pelanggan terdampak erupsi sudah kembali menikmati akses listrik. (Dok. PLN)
Ilustrasi : Lokasi erupsi gunung Semeru. Hingga Senin (13/12), total sebanyak 29.908 pelanggan terdampak erupsi sudah kembali menikmati akses listrik. (Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Infrastruktur kelistrikan pasca erupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12) lalu telah berhasil dipulihkan. 112 gardu distribusi yang terdampak dapat kembali beroperasi 100 persen sejak Minggu (6/12).

Sementara, hingga Senin (13/12), total sebanyak 29.908 pelanggan terdampak erupsi sudah dapat kembali menikmati akses listrik.

Komisaris PT PLN (Persero), Eko Sulistyo didampingi Direktur Bisnis Regional Jawa Madura Bali, Haryanto WS meninjau langsung lokasi jaringan dan pos relawan kelistrikan di Lumajang.

Baca juga : IPDN Serahkan Bantuan Untuk Korban Erupsi Semeru

“Sekitar 615 rumah sisanya ini belum dapat dinyalakan karena zona belum aman serta kondisi rumah-rumah pelanggan di Desa Supit Urang dan Desa Curah Kobokan rusak parah," papar Haryanto saat meninjau lokasi-lokasi terdampak, Senin (13/12).

Rumah warga tersebut, lanjut dia, juga telah ditinggal penghuninya mengungsi. Karena itu, PLN akan berkoordinasi lebih dulu dengan pemerintah setempat untuk mengambil langkah selanjutnya.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan juga meninjau langsung Solidarity Food Truck (SFT) Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN di Balai Desa Candipuro yang telah menyuplai kebutuhan makanan 300 pengungsi dan relawan setiap harinya.

Baca juga : Tinjau Warga Terdampak Erupsi Semeru, KNPI Salurkan Bantuan

Sejak hadir pada 6 Desember lalu, SFT YBM telah memberikan manfaat kepada 4.500 jiwa dengan bantuan berupa dapur umum, perlengkapan tenda, pakaian hangat, kebutuhan anak-anak, obat-obatan dan masker, pos hangat, evakuasi korban, dan psikososial.

Lebih lanjut, Haryanto menuturkan pihak PLN akan menunggu keputusan Pemerintah terkait rumah-rumah pelanggan yang berada di zona belum aman.

"Kami siap dan kooperatif membuat jaringan kelistrikan di tempat baru apabila Pemerintah akan merelokasi rumah-rumah yang berada di zona belum aman, atau alternatif lainnya," ungkap Haryanto.

Baca juga : Badan Geologi Lakukan Kajian Wilayah Terdampak Erupsi Semeru

Komisaris PLN, Eko Sulistyo mengapresiasi penuh upaya dan gerak cepat personil PLN dalam memulihkan jaringan listrik di lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru.

Dalam kunjungannya tersebut, ia tak henti memberikan semangat kepada personil PLN dan relawan yang telah berjuang selama berhari-hari.

"Semangat untuk kita semua agar bisa memulihkan kondisi kelistrikan dan bisa membantu masyarakat untuk kembali bangkit, " ujar Eko. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.