Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

IPDN Serahkan Bantuan Untuk Korban Erupsi Semeru

Sabtu, 11 Desember 2021 11:47 WIB
Penyerahan bantuan dari IPDN untuk korban erupsi Semeru di Lumajang. (Foto: Ist)
Penyerahan bantuan dari IPDN untuk korban erupsi Semeru di Lumajang. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Civitas Akademika Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendatangi langsung salah satu tempat pengungsian korban bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (10/12).

Selain menemui korban, civitas akademika IPDN juga memberikan bantuan kepada korban yang terdampak. Rektor IPDN Hadi Prabowo yang diwakilkan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Ismail Nurdin beserta jajarannya hadir di Pendopo Lumajang.

Kehadiran rombongan IPDN ini disambut oleh Wakil Bupati Kabupaten Lumajang Indah Amperawati Masdar. Rombongan kemudian bergerak menuju salah satu lokasi pengungsian korban gunung Semeru untuk menyalurkan bantuan berupa 100 karung beras, 200 dus mie instan, 200 dus biskuit, 200 dus susu uht, 200 buah selimut serta 150 dus diapers bayi dan balita.

Baca juga : Tentang Pertashop Dan Transisi Energi Untuk Bangkitkan Ekonomi Desa

Sementara bantuan untuk Kecamatan Candipuro diterima langsung oleh camat setempat. Bantuan berupa beras 25 karung (per karung sejumlah 25 kg), biskuit 50 dus (perdus isi 60 bungkus), mie instan 50 dus (perdus isi 40 bungkus), susu 50 dus (perdus isi 40 kotak), selimut 50 buah dan pampers anak/bayi 50 dus (perdus isi 50 buah).

Ismail menyerahkan secara langsung bantuan kepada warga di pengungsian dan disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Lumajang dan Camat Candipuro.

Rektor IPDN Hadi Prabowo mengatakan, dana bantuan berasal dari sumbangan seluruh Civitas Akademika IPDN dengan jumlah sumbangan yang terkumpul sebesar Rp 127.700.000 yang diberikan dalam bentuk natura atau barang kebutuhan pengungsi. Hadi Prabowo berharap bantuan tersebut dapat memberikan manfaat bagi para pengungsi.

Baca juga : LPEI Salurkan Bantuan Obatan-obatan Hingga Kasur Untuk Korban Semeru

"Semoga dapat bermanfaat dan seluruh warga terdampak diberikan kekuatan melewati cobaan ini. IPDN akan membersamai mereka dengan cara menggalang dana peduli korban bencana," kata Hadi, dalam keterangan tertulis yang diterima Sabtu (11/12).

Senada, Ismail Nurdin mengucapkan belasungkawa atas nama seluruh Civitas Akademika IPDN. "Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan dan ketabahan serta masyarakat yang berada di lokasi pengungsian ini dan beberapa lokasi pengungsian lainnya segera diberikan kesehatan untuk dapat bangkit kembali melakukan aktivitas seperti sediakala," tutur Ismail.

Bantuan dari IPDN ini diterima langsung oleh korban yang berada di pengungsian, mereka mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh IPDN Kemendagri.

Baca juga : Valorant Arena Showdown Kumpulkan Donasi Untuk Korban Corona

"Saya mewakili seluruh masyarakat disini mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Rektor IPDN dan seluruh keluarga besar IPDN atas bantuan yang diberikan. Kamipun memohon doa kepada keluarga IPDN dan seluruh saudara-saudara di Jatinangor dan kampus-kampus IPDN lainnya, agar kami sesegera mungkin dapat bangkit dari bencana ini," ujar Wakil Bupati Lumajang. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.