Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Bangkitkan Semangat Pemuda, Kementerian PPN Dan Kemenpora Gelar Dialog Nasional

Jumat, 17 Desember 2021 21:57 WIB
Dialog Nasional Pemuda Bangkit. (Foto: Istimewa)
Dialog Nasional Pemuda Bangkit. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan pemangku kepentingan kepemudaan perlu bersinergi pula dengan keterlibatan pemuda yang tak hanya merespon krisis tetapi juga dapat berperan dalam pembangunan.

Sejalan dengan hal tersebut, Kementerian PPN/Bappenas bersama dengan Kemenpora, Kemendagri, Kemenko PMK dan didukung Program Kerja Sama Pemerintah RI-UNFPA Indonesia menyelenggarakan Dialog Nasional Pemuda pada Rabu (15/12).

Baca juga : Catat! Ini Syarat Perjalanan Darat Selama Nataru

Webinar ini membahas keterlibatan pemuda dalam pembangunan bukan hanya sebagai penerima manfaat melainkan juga sebagai mitra dan innovator dalam pembangunan.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi momentum berbagai pihak untuk berinvestasi pada pemuda, dimulai dengan memastikan partisipasi pemuda yang bermakna dalam berbagai program sosial kemasyarakatan.

Baca juga : Tingkatkan Produksi, Kementan Ajak Peternak Kembangkan Korporasi

Dalam sambutannya, Subandi Sardjoko selaku Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas menyampaikan bahwa pembangunan pemuda merupakan agenda strategis bagi Indonesia, terutama dalam merespon krisis pandemi Covid-19.

Pemuda, dengan jumlah 1 dari 4 penduduk Indonesia (Statistik Pemuda Indonesia, 2020), memiliki peran penting sebagai kelompok usia produktif dan dapat berperan aktif sebagai critical thinker, change maker, innovator, communicator, bahkan leaders dalam rangka meningkatkan IPP.

Baca juga : Berikan Pelatihan Kewirausahaan Buat Pemuda Papua, Mensos Siapkan Pendampingan Berkelanjutan

Plt Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jonni Mardizal menekankan bahwa Pemerintah tengah melakukan finalisasi atas Rencana Aksi Nasional (RAN) Pelayanan Kepemudaan 2021-2024 sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari revisi Perpres Nomor 66 tahun 2017 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Pelayanan Kepemudaan.

Selanjutnya, Kepala Perwakilan UNFPA di Indonesia, Anjali Sen, menyoroti pentingnya keterlibatan pemuda di tingkat lokal, nasional, dan global dalam memperkaya berbagai proses kebijakan dan pembangunan nasional dan internasional. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.