Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Apapun Surveinya, Prabowo Juaranya

Senin, 20 Desember 2021 07:40 WIB
Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto sebagai calon presiden masih belum tertandingi. (Foto : Tim Media Prabowo)
Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto sebagai calon presiden masih belum tertandingi. (Foto : Tim Media Prabowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto sebagai calon presiden masih belum tertandingi. Apapun surveinya, Prabowo tetap juaranya. Namun, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan terus membayangi Prabowo.

Teranyar, dari survei yang digelar Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI). Survei yang digelar pada periode 16-24 November 2021 dengan melibatkan 1.200 responden itu, menempatkan Prabowo sebagai juara dengan elektabilitas tertinggi dengan 24,3 persen.

Namun, seperti survei yang dilakukan lembaga lain, elektabilitas Prabowo terus dibayangi oleh Ganjar dan Anies. Di survei KedaiKOPI ini, Ganjar meraih 22,9 persen dan Anies Baswedan sebesar 18,5. Di bawahnya lagi, ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan elektabilitas 5,2 persen.

Baca juga : Survei KedaiKOPI, Elektabilitas Prabowo-Ganjar Saling Salip

Di antara ketua umum partai, Prabowo masih tetap juara. Bahkan elektabilitas Menteri Pertahanan bergerak jauh dari para ketum partai. Prabowo unggul dari Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono yang mendapat penilaian 16 persen. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto 1,6 persen, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar 0,9 persen, Ketua Dewan Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri 0,3 persen, dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan 0,1 persen. Sedangkan Prabowo, tiga kali lipat dari elektabilitas AHY, 55,4 persen.

Direktur Lembaga Survei KedaiKOPI, Kunto Adi Wibowo mengatakan, Prabowo masih memimpin elektabilitas dalam berbagai kategori apa pun. Baik dengan menggunakan pertanyaan terbuka, maupun dengan daftar nama tokoh-tokoh di Indonesia yang maju di Pemilu 2024.

“Kalau dari kalangan kepala daerah, hasil survei menunjukan Anies Baswedan menjadi pemilik elektabilitas calon presiden tertinggi dengan angka 37,4 persen, disusul Ganjar Pranowo 34,5 persen, dan Ridwan Kamil 13.8 persen,” kata Kunto Adi Wibowo dalam keterangannya, kemarin.

Baca juga : Anies, AHY, Prabowo Adu Balapan

Sementara, elektabilitas Ganjar Pranowo lebih unggul ketika publik yang menjawab belum memutuskan diwawancara dengan lebih mendalam, atau diberikan probing.

“Untuk posisi Anies Baswedan konsisten dalam semua jenis pertanyaan elektabilitas berada di urutan ketiga,” ujarnya.

Sebelumnya, survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia (IPI) juga menempatkan capres nomor urut 2 di Pilpres 2019 lalu di urutan pertama dengan elektabilitas sebesar 26,2 persen. Pesaing terkuatnya, tetap Ganjar dan Anies yang masing-masing mendapatkan 20,8 persen dan 15,5 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.