Dewan Pers

Dark/Light Mode

Hadapi Pandemi, Relawan Airlangga Ajak UMKM Berkolaborasi

Kamis, 23 Desember 2021 10:08 WIB
Gerakan BerkAH (Berkreasi Bersama Airlangga Hartarto) saat menggelar dialog publik di Kota Bogor, Rabu (22/12). (Foto: Gerakan BerkAH)
Gerakan BerkAH (Berkreasi Bersama Airlangga Hartarto) saat menggelar dialog publik di Kota Bogor, Rabu (22/12). (Foto: Gerakan BerkAH)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Airlangga Hartarto yang tergabung dalam Gerakan BerkAH mengajak seluruh masyarakat dari berbagai latar belakang, mulai dari mahasiswa, aktivis, UMKM, hingga ojek online, berkolaborasi untuk bangkit bersama menghadapi pandemi.

Ajakan ini disampaikan Gerakan BerkAH (Berkreasi Bersama Airlangga Hartarto) saat menggelar dialog publik di Kota Bogor, Rabu (22/12).

Owner Rafita’s Cake yang juga Founder Komunitas Bogor Berdaya, Noor Rafita yang menjadi narasumber mengatakan, UMKM menjadi garda terdepan menopang pertumbuhan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19. Untuk itu, diperlukan aksi kolektif guna mendukung kebangkitan UMKM, termasuk kolaborasi pelaku usaha.

"Mari kita tingkatkan pertumbuhan ekonomi dengan penciptaan lapangan kerja, penciptaan kondisi kerja yang layak, dan inovasi bisnis melalui kolaborasi pelaku usaha. Sehingga kita tidak hanya menunggu pemerintah memulihkan ekonomi, tapi kita menjadi penggerak ekonomi pulih," tuturnya.

Berita Terkait : Presiden Ajak Perkokoh Semangat Bela Negara 

Selain itu, Noor juga membagikan kisah suksesnya berjuang di tengah pandemi Covid-19. Ia memanfaatkan media sosial untuk membuka reseller kue yang dimilikinya. Meski ragu, namun usaha harus terus dilakukan.

"Ini menjadi kunci bagi teman-teman yang baru memulai usaha. Jangan ragu, kita harus yakin kalau mau berusaha. Kalau dari Pak Airlangga mungkin ada KUR, Kartu Prakerja itu bisa dimanfaatkan oleh teman-teman semua," ungkap Noor.

Ketua DPD Golkar Kota Bogor Rusli Prihatevy yang hadir dalam dialog tersebut menyebut, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga Ketua Umum Partai Golkar sangat fokus membantu pelaku usaha untuk bangkit melalui sejumlah bantuan sebagai jaring pengaman sosial.

"Seperti kemarin penerapan PPKM Level 3 dan 4, ada bantuan Rp 300 ribu untuk pelaku UMKM yang terdampak pembatasan. Ada juga Kredit Usaha Rakyat, dan juga yang cukup masif adalah Kartu Prakerja," ujarnya.

Berita Terkait : Banteng Lampung Rombak Pengurus

Berbagai bantuan tersebut, kata Rusli, berhasil menyelamatkan Indonesia keluar dari jurang resesi.

"Keberhasilan ini salah satu prestasi Pak Airlangga selaku Ketua PCPEN dan kita bisa rasakan sekarang kondisinya sudah pulih, baik kasus harian Covid yang sudah landai maupun kondisi ekonomi. Maka dari itu, kita harus bangkit bersama untuk kesejahteraan kita semua," tandas Rusli.

Sementara Juru Bicara Gerakan BerkAH Rega Aditya menyatakan terima kasih atas antusiasme yang luar biasa dari para pelaku UMKM yang hadir dalam dialog.

Dia berharap, dari Gerakan BerkAH para pelaku UMKM dapat berkolaborasi untuk bangkit bersama menghadapi pandemi.

Berita Terkait : Hadapi Omicron, Sentra vaksinasi Anak Dibuka Di Ancol

"Sesuai tema dialog kita, kami berharap Gerakan Berkreasi Bersama Airlangga Hartarto ini dapat mewujudkan semangat persatuan, ekonomi kreatif dan kesejahteraan bersama. Mari berkolaborasi, bangkit dari pandemi," harap Rega.
 Selanjutnya